Hamdi, Muhammad Syaibatul (2024) Efektivitas metode as-sam’iyyah asy-syafawiyyah dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa kelas VIII SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220076_Cover, Bab I & Bab V.pdf Download (730kB) |
|
Text
2220076_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang dari penelitian ini yaitu pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah menggunakan metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyyah dalam proses pembelajaran hasil belajar bahasa Arab siswa. Di samping itu menunjukkan juga bahwa minimnya siswa yang minat belajar bahasa Arab dikarenakan beberapa faktor yaitu bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit, kurangnya rasa percaya diri yang menyebabakan siswa malu saat berbicara bahasa arab di depan kelas. Selain itu siswa belum terbiasa berbicara bahasa Arab dengan benar di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode As-Sam’iyyah Asy-syafawiyyah dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental Design berupa One group pretest Postest Design, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan dengan jumlah 27 orang. Teknik dalam analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif yaitu skor rata-rata hasil tes bahasa Arab siswa yaitu nilai pretest sebesar 65.68 dan terletak pada kategori rendah. Jadi hasil belajar bahasa Arab siswa meningkat setelah metode As-Sam’iyyah Asy-syafawiyyah digunakan yaitu 86.44 dan terletak pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) < 0.05 atau 0.000 < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan artian bahwa terjadi peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa setelah metode as-Sam’iyyah asy-syafawiyyah diterapkan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode As-Sam’iyyah Asy-syafawiyyah efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa kelas VIII SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah, hasil belajar bahasa Arab. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 06:52 | ||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2024 06:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9084 |
Actions (login required)
View Item |