Efektifitas penerapan metode quantum learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas vii MTs Negeri Batang

Salsabila, Aulya (2024) Efektifitas penerapan metode quantum learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas vii MTs Negeri Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120095_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (717kB)
[img] Text
2120095_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode pembelajaran merupakan teknik yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar untuk tercapainya tujuan belajar. Dari observasi yang dilakukan peneliti, pada saat ini keterampilan berpikir kreatif dari siswa-siswi di MTs Negeri Batang masih kurang berkembang. Hal tersebut ditunjukkan dari rendahnya kemandirian para siswa untuk berpikir, memberikan gagasan, dan kurang aktif dalam pembelajaran. Selain itu, metode belajar di madrasah tersebut kebanyakan menggunakan metode konvensional dan diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penerapan model pembelajaran quantum learning dengan berbantuan teknik peta konsep terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode quantum learning adalah kegiatan belajar yang mengubah suasana belajar menjadi nyaman dan memperbaharui kemampuan dan bakat siswa agar berguna untuk kepentingan sendiri maupun orang lain. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran aqidah akhlak kelas VII MTs Negeri Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain single group pretest-posttest design. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah kelas VII I yang berjumlah 25 orang siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu Tes, Angket,dan Observasi. Pengolahan analisis data ini menggunakan analisis kuantitatif, uji hipotesis. Uji hipotesis dihitung dengan menggunakan uji T dan uji regresi linear sederhana dengan hasil sebagai berikut: Berdasarkan nilai t hitung 7,753 > t tabel 2,064, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode quantum learning dengan teknik peta konsep terhadap keterampilan berpikir kreatf siswa. Sedangkan pengaruh metode quantum learning dan teknik peta konsep terhadap keterampilan berpikir kreatif adalah sebesar 42,4%. Dengan nilai konstanta sebesar 11,072 yang mengandung arti nilai konsisten variabel terikat adalah sebesar 11,072. Maka dalam hal ini berarti Ha diterima karena ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas VII MTs Negeri Batang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTs Negeri Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIskarim, MochamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode quantum learning, peta konsep, berpikir kreatif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:22
Last Modified: 06 Aug 2024 01:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9091

Actions (login required)

View Item View Item