Agustina, Farida (2024) Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas 4 MI YMI Wonopringgo 01 Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320029_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2320029_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wawancara peneliti dengan guru, bahwa Problematika implementasi kurikulum merdeka di kelas 4 MI YMI Wonopringgo 01 Kabupaten Pekalongan masih terjadi. Guru mengungkapkan bahwa problematika ini sering terjadi karena beberapa alasan. Baik itu kendala teknis, maupun non-teknis. Peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apa saja problematika yang dihadapi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas 4 MI YMI Wonopringgo 01 Kabupaten Pekalongan? (2) Apa solusi yang diupayakan guru untuk mengatasi Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas 4 MI YMI Wonopringgo 01 Kabupaten Pekalongan? Metode penelitian ini pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara pada guru kelas 4 MI YMI Wonopringgo 01 Kabupaten Pekalongan. Peneliti mengambil dua sumber data yaitu sumber data primer yang diambil dari hasil wawancara dan observasi, dan sumber data sekunder yang diambil dari literatur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas 4 MI YMI Wonopringgo 01 Kabupaten Pekalongan terbagi menjadi dua, yaitu problematika teknis yang meliputi: (a) biaya, serta memiliki problematika non-teknis yang meliputi: (a) Kurang pahamnya guru terkait pembelajaran kurikulum merdeka, (b) sekolah masih baru dalam menerapkan kurikulum merdeka, dan (c) Managerial yang belum baik. (2) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika implementasi kurikulum merdeka di kelas 4 MI YMI Wonopringgo 01 Kabupaten Pekalongan yaitu: (a) melakukan kegiatan P5RA dengan biaya yang terjangkau, (b) memakai tabungan kelas untuk membeli sarana dan prasarana pembelajaran, (c) berkambang mengikuti zaman, dan (c) adaptasi yang bertahap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Kurikulum Merdeka | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 04:19 | ||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2024 03:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9104 |
Actions (login required)
View Item |