Peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Khomsatun, Khomsatun (2019) Peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Guru PAI harus bisa menjadi sosok pembangkit semangat, pendorong potensi dan penggerak aksi. Siswa yang memiliki motivasi rendah , tidak semangat, tanpa masa depan, dan tidak mempunyai cita-cita, akan didorong untuk aktif bersemangat, menetapkan masa depan, dan mempunyai cita-cita setingg ilangit. Motivasi belajar siswa adalah kecenderungan siswa untuk menemukan aktivitas belajar yang bermakna dan berharga, siswa memerlukan motivasi untuk proses perkembangan belajarnya. Makin tepat motivasi yang diberikan, akan makin berhasil pula pelajaran itu. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan apa saja faktor yang memengaruhi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalahperan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, yaitu peran guru PAI sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator, evaluator. Sedangkan faktor yang memengaruhi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, yaitu 1) faktor internal yang meliputi faktor fisik dan faktor psikologi, 2) faktor eksternal yang meliputi faktor lingkungan sosial sekolah, faktor lingkungan sosial masyarakat, dan faktor lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBudi Karyanto, UmumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:37
Last Modified: 23 Jun 2020 07:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item