Peran guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kepribadian muslim peserta didik kelas VII di MTs Assa’id Blado Kabupaten Batang tahun ajaran 2018/2019

Sugiharti, Tri (2019) Peran guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kepribadian muslim peserta didik kelas VII di MTs Assa’id Blado Kabupaten Batang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Guru bimbingan konseling memiliki tugas dalam membantu peserta didik mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan dan prediposisi yang dimilikinya seperti kemampuan dasar dan bakat-bakatnya. Dalam hal ini guru bimbingan dan konseling membantu peserta didik untuk menjadi insan yang berguna dalam kehidupannya. Guru bimbingan konseling senantiasa dituntut bukan hanya membantu peserta didik dalam kesulitan akademik saja, tetapi juga mampu menanamkan kepribadian muslim kepada peserta didik untuk mengarungi kehidupannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kepribadian muslim peserta didik kelas VII di MTs Assa’id Blado Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2018/2019?, faktor penghambat dan pendukung guru Bimbingan Konseling dalam mengembangkan kepribadian muslim peserta didik kelas VII di MTs Assa’id Blado Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini, pertama, Untuk mengetahui guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kepribadian muslim peserta didik kelas VII di Mts Assa’id Blado Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2018/2019. Kedua, Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru Bimbingan Konseling dalam mengembangkan kepribadian muslim peserta didik kelas VII di Mts Assa’id Blado Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2018/2019. Sedangkan jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field observation), kemudian metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif analitik, dengan memperoleh data sebanyak-banyaknya dan di susun secara sistematis dan bertujuan mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap suatu objek penelitian yang diteliti melalui sampel atau data yang telah terkumpul dan membuat kesimpulan yang berlaku umum. Hasil penelitian ini adalah Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kepribadian muslim peserta didik kelas VII di MTs Assa’id Blado Kabupaten Batang sudah cukup baik dilihat dari peran guru bimbingan konseing yang terdiri dari tiga peran, yaitu sebagai peran pembimbing, penangggung jawab, dan motivator. Ketiga peran yang disematkan dan dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling di MTs Assa’id Blado Kabupaten Batang merupakan peran yang saling bersangkutan. Hasil yang terlihat selama pelaksanaan program-program bimbingan dan konseling oleh guru bimbingan konseling dan disertai guru-guru yang lainnya adalah banyaknya kemajuan yang terlihat, yaitu peserta didik jarang melanggar tata tertib sekolah dan semakin besar kesadaran dalam belajar yang tinggi. Faktor penghambat guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kepribadian muslim peserta didik kelas VII di MTs Assa’id Blado Kabupaten Batang adalah Kurangnya guru bimbingan dan konseling, Tidak ada jam khusus BK untuk masuk kelas, dan tidak terdapat ruang BK. Adapun faktor pendukungnya adalah letak geografis, berada dilingkungan pesantren, Adanya kegiatan ekstrakurikuler maupun intrakurikuler, dan banyaknya kegiatan-kegiatan agama disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhanuddin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan Konseling dan Kepribadian Muslim.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:41
Last Modified: 23 Jun 2020 07:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item