Manajemen promosi sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru di SD Muhammadiyah 04 Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang

Jannah, Miftahul (2024) Manajemen promosi sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru di SD Muhammadiyah 04 Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320056_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320056_FULL TEXT b5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2320056_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah ini berfokus pada pentingnya manajemen promosi sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru untuk menjamin kelancaran proses belajar mengajar, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003. Dalam konteks persaingan yang ketat antar lembaga pendidikan, banyak sekolah mengalami kekurangan peserta didik, seperti yang terjadi di beberapa SD di Kota Ponorogo. SD Muhammadiyah 04 Kandang juga menghadapi tantangan serupa, namun berhasil meningkatkan jumlah peserta didik kelas 1 dari 15 siswa pada tahun 2019-2020 menjadi 30 siswa pada tahun 2023-2024 melalui upaya promosi yang efektif. Penerimaan peserta didik baru di SD Muhammadiyah 04 Kandang dilakukan tanpa seleksi, mengakomodasi semua pendaftar, terutama karena lokasinya di pedesaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen promosi SD Muhammadiyah 04 Kandang dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana manajemen promosi sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru di SD Muhammadiyah 04 Kandang dan bagaimana dampak manajemen promosi sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru di SD Muhammadiyah 04 Kandang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian di SD Muhammadiyah 04 Kandang mengenai manajemen promosi sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru, dapat disimpulkan bahwa sekolah menggunakan promosi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan mencakup rapat untuk membentuk panitia PPDB, menetapkan syarat-syarat, daya tampung, dan media promosi. Pelaksanaan promosi dilakukan melalui spanduk, media sosial, dan door to door. Evaluasi dilakukan melalui rapat yang membahas jumlah pendaftar dan kendala yang dihadapi. Dampak dari promosi ini adalah peningkatan jumlah peserta didik baru dan respon positif dari masyarakat yang langsung mendaftarkan anaknya setelah promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sekolah, Peningkatan Jumlah Peserta Didik, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Promosi Sekolah, SD Muhammadiyah 04 Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:42
Last Modified: 02 Sep 2024 03:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9133

Actions (login required)

View Item View Item