Persepsi dan minat masyarakat Baros pada pendidikan MINU Baros Pekalongan

Dyah, Puspitasari Liza (2019) Persepsi dan minat masyarakat Baros pada pendidikan MINU Baros Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Pendidikan memegang peranan yang penting bagi kehidupan manusia. Salah satunya pendidikan diakui sebagai kekuatan yang dapat membantu masyarakat mencapai kemajuan peradaban, pendidikan menjadi faktor utama terhadap kemajuan suatu bangsa. Ukuran bangsa maju dan berkembang dapat dilihat dari seberapa jauh pemerintah memberikan skala prioritas terhadap pembangunan pendidikan. Pendidikan (pendidikan umum dan pendidikan agama) bagi kehidupan manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan sama sekali mustahil manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan cita-cita untuk maju, sejahtera dan bahagia. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana persepsi masyarakat Baros pada pendiikan MINU Baros Pekalongan, (2) Bagaimana minat masyarakat Baros pada pendidikan MINU Baros Pekalongan, (3) Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat persespi dan minat masyarakat Baros pada pendidikan MINU Baros Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu riset yang dilakukan di medan terjadinya gejala-gejala dengan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alami. Tujuan penelitiannya yaitu Untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat Baros tentang kualitas madrasah, untuk mengetahui minat masyarakat Baros untuk menyekolahkan anaknya di Madrasah, untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat persepsi dan minat masyarakat Baros untuk menyekolahkan anaknya di MINU Baros Pekalongan. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat Baros, banyak para orang tua yang mempercayai dan mendukung di MINU Baros Pekalongan. Madrasah yang identik dengan banyak pelajaran agama dan ilmu pengetahuan. Banyak prestasi yang diraihnya memperkuat masyarakat Baros lebih mempercayainya. Minat masyarakat Baros bahwa para orang tua yang menyekolahkan di madrasah sangat tinggi dibandingkan disekolah umum yang berada di Baros. Faktor pendukung bahwa madrasah mampu menumbuhkembangkan nilai-nilai religius dan akhlak mulia. Faktor penghambatnya yaitu Bahwa fasilitas yang ada di MINU Baros dalam hal gedung fisik sekolah yang kurang memadai, keterbatasan dana sangat lambat, dan mayoritas peserta didik kebanyakan dari kalangan menengah kebawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Dan Minat, Masyarakat Baros
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:49
Last Modified: 23 Jun 2020 07:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item