Pengembangan Media Pocketbook "Asyikk Berbahasa Arab" Sebagai Bahan Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMK Ma'arif NU Kajen Pekalongan

Salamun Alim, Ilham (2024) Pengembangan Media Pocketbook "Asyikk Berbahasa Arab" Sebagai Bahan Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMK Ma'arif NU Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220034_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (755kB)
[img] Text
2220034_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2220034_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di kelas X SMK Ma’arif NU Kajen Pekalongan yang masih bergantung menggunakan buku paket sekolah dapat membatasi perkembangan belajar mandiri siswa. Adanya pengembangan media pocketbook “Asyikk Berbahasa Arab” dapat memudahkan siswa dalam belajar bahasa Arab secara mandiri kapan saja dan di mana saja. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media pocketbook “Asyikk Berbahasa Arab” sebagai bahan belajar mandiri siswa kelas X SMK Ma’arif NU Kajen Pekalongan? 2) Bagaimana tingkat kelayakan media pocketbook “Asyikk Berbahasa Arab” sebagai media pembelajaran?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pocketbook “Asyikk Berbahasa Arab" siswa kelas X SMK Ma’arif NU Kajen Pekalongan. 2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kelayakan media pocketbook “Asyikk Berbahasa Arab” sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran bahasa Arab berupa pocketbook “Asyikk Berbahasa Arab”. Produk dikembangkan menggunakan aplikasi Canva. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development)dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Anallyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Adapun analisis data penelitian ini menggunakan analisis observasi dan wawancara serta analisis angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran bahasa Arab berupa pocketbook “Asyikk Berbahasa Arab” memperoleh persentase sebesar 89% dari ahli media dengan kategori sangat layak dan memperoleh persentase sebesar 92%dari ahli materi dalam kategori sangat layak. Selain itu, hasil respon peserta didik mendapat persentase sebesar 87% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian para ahli dan peserta didik, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab berupa pocketbook “Asyikk Berbahasa Arab” dikategorikan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTaufiq, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Belajar Mandiri, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Media Pocketbook “Asyikk Berbahasa Arab”
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:44
Last Modified: 22 Jul 2024 08:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9154

Actions (login required)

View Item View Item