Implementasi Metode Ḥiwār dalam Pembelajaran Mahārah Al-kalām Kelas VIII SMP Salafiyah Pekalongan

Listiyani, Listiyani (2024) Implementasi Metode Ḥiwār dalam Pembelajaran Mahārah Al-kalām Kelas VIII SMP Salafiyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220108_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220108_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal dalam pembelajaran mahārah al-kalām. Pertama, masih terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam berbicara menggunakan bahasa Arab. Kesulitan ini terlihat dari cara peserta didik dalam melafalkan kalimat bahasa Arab. Kedua, minimnya penguasan kosakata bahasa Arab yang dimiliki peserta didik. Oleh karena itu, diperlukannya metode yang sesuai dalam pembelajaran mahārah al-kalām agar dapat tercapainya suatu tujuan pembelajaran, dengan itu pengajar menggunakan metode ḥiwār dalam pembelajaran mahārah al-kalām. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaiamana implementasi metode ḥiwār dalam pembelajaran mahārah al-kalām kelas VIII SMP Salafiyah Pekalongan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode ḥiwār dalam pembelajaran mahārah al-kalām kelas VIII SMP Salafiyah Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi metode ḥiwār dalam pembelajaran mahārah al-kalām dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode ḥiwār dalam pembelajaran mahārah al-kalām kelas VIII SMP Salafiyah Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode ḥiwār dalam pembelajaran mahārah al-kalām kelas VIII SMP Salafiyah Pekalongan terdapat tiga tahapan. Pertama tahap perencanaan, perencanaan yang dilakukan oleh pengajar dengan merencankan RPP terlebih dahulu. Kedua tahap pelaksanaan, pada tahap ini terdapat tiga kegiatan yang dilakukan oleh pengajar yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga tahap evaluasi, evaluasi yang diberikan oleh pengajar dengan mempraktekan ḥiwār dan memberikan penugasan yang berkaitan dengan ḥiwār. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode ḥiwār dalam pembelajaran mahārah al-kalām, faktor pendukungnya yaitu: adannya modul dari sekolah, pembiasaan percakapan dan respon peserta didik. Faktor penghambatnya yaitu: karakteristik peserta didik yang berbeda-beda, latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, dan keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Ḥiwār dan Pembelajaran Mahārah Al-kalām
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:47
Last Modified: 19 Jul 2024 06:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9155

Actions (login required)

View Item View Item