Implementasi pendidikan karakter berbasis pancasila melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VI MIS Salafiyah Kalirandu Petarukan Pemalang.

Sari, Fina Kamalah (2019) Implementasi pendidikan karakter berbasis pancasila melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VI MIS Salafiyah Kalirandu Petarukan Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Keberhasilan pendidikan karakter yang berbasis Pancasila pada masa SD/MI akan menjadi pondasi untuk membangun kepribadian peserta didik pada jenjang pendidikan di atasnya dan juga pada kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik pada umumnya. Melalui pendidikan karakter yang berbasis Pancasila sejak dini diharapkan terlahir generasi muda masa depan yang berilmu, berbudaya, nasionalis dan beradab di tengah-tengah era globalisasi Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi pendidikan karakter berbasis Pancasila melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VI MIS Salafiyah Kalirandu? Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter berbasis Pancasila melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada peserta didik kelas VI di MIS Salafiyah Kalirandu?.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pelaksanaan pendidikan karakter berbasis pancasila melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada peserta didik kelas VI di MIS Salafiyah Kalirandu, untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter berbasis pancasila melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VI MIS Kalirandu. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data akan dianalisa dengan menggunakan deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila sudah terimplementasikan dengan baik pada peserta didik kelas VI di MIS Salafiyah Kalirandu. Proses dan Pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan juga berjalan dengan baik dengan mengacu pada kurikulum 2013, RPP dan silabus yang sudah ditentukan. Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter berbasis Pancasila melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah guru, buku pelajaran, lingkungan sekolah dan keluarga. Kemudian faktor penghambatnya adalah peserta didik yang kurang memperhatikan pelajaran, kurangnya alat peraga, dan lingkungan di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:58
Last Modified: 23 Jun 2020 07:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item