Analisis butir soal pilihan ganda ulangan tengah semester ganjil ilmu pengetahuan alam kelas VI tahun pelajaran 2018 – 2019 Madrasah Ibtidaiyah Tholabuddin 02 Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang

Alfiana, Syafitri (2018) Analisis butir soal pilihan ganda ulangan tengah semester ganjil ilmu pengetahuan alam kelas VI tahun pelajaran 2018 – 2019 Madrasah Ibtidaiyah Tholabuddin 02 Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Kegiatan menganalisis butir soal merupakan proses pengumpulan, peringkasan dan penggunaan informasi dari jawaban peserta didik untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian. Analisis butir soal menunjukkan mengapa sebuah butir tidak berfungsi dengan baik dan seberapa besar berfungsi. Valid dapat berarti sahih, benar, akurat, dan tepat. Reliabel berarti dapat dipercaya. Reliabilitas (keandalan) adalah ketetapan atau ketelitian suatu alat evaluasi. Bermutu tidaknya butir soal-soal tes hasil belajar dapat diketahui dari derajat kesukaran soal yang dimilki oleh masing-masing butir soal tersebut. Daya beda soal adalah kemampuan soal untuk membedakan antara siswa yang berkemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan rendah. Penelitian ini membahas validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal ulangan tengah semester ganjil Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Tholabuddin 02 Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan sebagai bahan untuk menentukan kebijakan dan langkah-langkah yang dipandang efektif dibidang pendidikan, terutama yang berhubungan dengan evaluasi dan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memperbaiki kualitas soal. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis menggunakan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal yang valid adalah soal nomor 5, 7, 8, 9, 10, 12, 14, 15, 18, 19, dan 20 dengan rxy lebih besar atau sama dengan 0,3 (rxy ≥ 0,3). Butir soal yang tidak valid adalah nomor 1, 2, 3, 4, 6, 11, 13, 16, dan 17. Soal yang valid tersebut memiliki reliabilitas tinggi karena mempunyai nilai koefisien Alpha lebih dari 0,7. Butir soal dengan kategori mudah adalah soal nomor 10, 12, 14, 15, dan 19. Butir soal dengan kategori sedang adalah soal nomor 5, 7, 8, 9, dan 18. Butir soal kategori sukar hanya ada satu yaitu soal nomor 20. Butir soal dengan kategori sangat memuaskan adalah butir soal nomor 5, 7, 8, 10, 12, 14, 15, 18, 19, dan 20, sehingga soal tersebut dapat diterima. Butir soal nomor 9 termasuk kategori tidak memuaskan sehingga ditolak dan harus direvisi total.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:11
Last Modified: 24 Jun 2020 03:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item View Item