Mahanani, Setyana (2024) Peran guru al qur’an hadits dalam memotivasi siswa belajar al quran di madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2117070_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2117070_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
Text
2117070_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peran Guru dalam pendidikan sangatlah banyak salah satunya yaitu peran guru dalam hal memotivasi siswa yang dimana sangat berperan penting dalam berlangsungnya proses pembelajaran, seperti halnya peran Guru Al Qur’an Hadits dalam memotivasi belajar Al Qur’an yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Batang untuk mendorong siswa agar dapat membaca Al Qur’an sesuai dengan tajwid dan makhraj nya.Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut, maka penulis mengungkapkan rumusan masalah yang perlu dikaji dalam penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar Al Qur;an di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang. 2) Bagaimana faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam memotivasi siswa belajar Al Qur’an. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang dihasilkan dari penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Batang.Peran guru Al Quran Hadits dalam memotivasi siswa belajar Al Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang telah menjalankan perannya dengan baik dan berperan sangat penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran karena mampu meningkatkan minat siswa dalam dalam membaca al Quran, seperti menciptakan suasana belajar yang nyaman, menciptakan hubungan yang baik dengan siswa, memberikan reward maupun punishmant dan memberikan nasihat-nasihat yang berkaitan dengan keutamaan dan manfaat membaca Al Quran. Faktor pendukung pembelajaran Al Quran dipengaruhi karena MAN Batang memiliki guru yang kompeten di bidangnya, selain itu juga MAN memberikan fasilitas mata Pelajaran tambahan untuk semua siswa berupa Pelajaran Tahfidz yang di dalamnya mendorong siswa untuk dapat membaca Al Quran sesuai tajwid dan makhrajnya. Faktor pendukung lainnya, guru Al Quran hadits memberikan waktu tambahan setelah pulang sekolah bagi siswa yang belum lancar membaca Al Quran dengan menuntun membaca Al Quran sesuai dengan tajwid dan makhrajnya. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran Al Quran yaitu karena siswa cenderung bermain handphone dibandingkan dengan membaca Kembali Al Quran di rumah. Faktor penghambat lainnya yaitu, ada beberapa siswa yang belum lancar membaca Al Quran yang dilatar belakangi oleh siswa yang berasal dari SMP Negeri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru , Al Qur’an Hadits, Belajar Al Qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:08 | ||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2024 04:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9216 |
Actions (login required)
View Item |