Iqlimah, Dewi (2018) Implementasi pembelajaran tahfidz al-Qur’an Di SD Plus Al-Burhan Simbang Kulon Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Pembelajaran tahfidz al-Qur’an adalah suatu proses interkasi antara peserta didik dengan guru untuk menjaga, melindungi, menghafal, dan memelihara kemurnian al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW diluar kepala agar tidak terjadi kelupaan dan perubahan secara keseluruhan maupun sebagian, yang berhubungan satu dengan lainnya kearah tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Adapun Rumusan masalah yang diajukan penelitian adalah Bagaimana implementasi pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SD Plus Al-Burhan Simbang Kulon Buaran Pekalongan?, Apa factor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SD Plus Al-Burhan Simbang Kulon Buaran Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SD Plus Al-Burhan Simbang Kulon Buaran Pekalongan dan untuk mengetahui apa factor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SD Plus Al-Burhan Simbang Kulon Buaran Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif Berdasarkan hasil penelitian penulis, menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SD Plus Al-Burhan Simbang Kulon Buaran Pekalongan yaitu menghafal juz ke – 30 (juz ‘amma) yang meliputi setoran hafalan ayat atau surat baru dan setoran ayat atau surat mengulang. Selain menghafal juga ada materi tasfir al-Qur’an dan tafsir hadist. Untuk strategi yang digunakan yaitu strategi inquiry, strategi pengulangan ganda, strategi memahami (arti) ayat-ayat yang dihafal, strategi menyetorkan hafalan pada guru tahfidz dan sambung ayat. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode tasmi’, metode talaqqi, metode takrir/muroja’ah, dan metode kitabah. Dan metode yang digunakan untuk penyampaian materi tafsir al-Qur’an dan hadist yaitu metode ceramah dan metode bercerita. Bentuk evaluasi yaitu setoran hafalan, muroja’ah, tanya jawab, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Adapun factor pendukungnya yaitu usia yang ideal, tempat menghafal, motivasi dari guru, dukungan dari orang tua dan tekad yang kuat. Selain factor pendukung juga ada factor penghambat yaitu kecerdasan, lemah hafalan dan kurangnya percaya diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nuzulul Nuzulul | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2020 03:27 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2020 03:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/922 |
Actions (login required)
View Item |