Pengembangan media pembelajaran popup diorama mata pelajaran IPAS kelas V SDN 01 Api-Api Wonokerto Kabupaten Pekalongan

Sakinah, Naely (2024) Pengembangan media pembelajaran popup diorama mata pelajaran IPAS kelas V SDN 01 Api-Api Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320072_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2320072_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2320072_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SDN 01 Api-api Wonokerto adalah salah satu Sekolah dasar negeri di desa Api-api, SD tersebut terletak di daerah pesisir pantai yang mayoritas siswanya lebih mengenal hewan laut. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V SDN 1 Api-api Wonokerto didapatkan bahwa selama ini pembelajaran pada mata pelajaran IPAS Bab Harmonisasi Ekosistem guru biasanya menerangkan dengan metode caramah saja dan belum pernah menggunakan Popup Diorama dalam pembelajaran. Dengan demikian peserta didik mengira bahwa mata pelajaran IPAS adalah mata pelajaran yang hanya berisi tentang hafalan materi saja sehingga peserta didik kurang bersemangat dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kelayakan produk media pembelajaran Popup Diorama serta mengetahui proses pengembangan media Popup Diorama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (penelitian dan pengembangan). yaitu metode penelitian yang menghasilkan produk tertentu dengan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian metode RnD ini menggunakan analisis kebutuhan dengan melalui survei langsung untuk menguji keefektifan produk pada objek yang diteliti. Penelitian ini mengacu pada pedoman penelitian pengembangan milik Borg and Gall yang telah disederhanakan sebagai berikut: identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba. Penyederhanaan tersebut karena penelitian ini hanya bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan. identifikasi masalah pada penelitian ini berupa kurangnya variasi media pembelajaran sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar, kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara , untuk desain produk peneliti memilih media pembelajaran Popup Diorama di ekosistem laut dengan tema gambar dasaran laut, selanjutnya validasi produk validasi produk ini bertujuan untuk mendapatkan kategori kelayakan. Validasi tersebut dilakukan oleh para validator ahli. Yang terakhir ada revisi produk, revisi ini bertujuan untuk memperbaiki kesalahan dan menyempurnakan media pembelajaran sesuai dengan masukan, saran dan kritik dari dosen validator ahli media dan materi. Berdasarkan hasil proses pengembangan media pembelajaran Popup Diorama dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Popup Diorama yang telah di validasi dan revisi menunjukkan hasi yang lebih baik dan dapat memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran. untuk mengetahui bahwa media pembelajaran Popup Diorama dapat memenuhi kriteria layak melalui hasil angket validasi ahli media yang memperoleh skor 88 dan dinyatakan layak. Kemudian untuk hasil validasi ahli materi mendapat skor 55 dan dinyatakan media sangat layak digunakan. Yang terakhir melalui respon guru dan siswa memperoleh skor 80 untuk respon guru dinyatakan layak dan mendapat skor rata rata 95,6 untuk respon dinyatakan sangat layak. Jadi media pembelajaran Popup diorama layak digunakan serta dapat membantu siswa dalam memahami materi Ekosistem mata pelajaran IPAS kelas V SDN 01 Api-Api.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Popup Diorama, IPAS, teori Borg and Gall
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:04
Last Modified: 22 Jul 2024 02:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9227

Actions (login required)

View Item View Item