Analisis Strategi Keberlangsungan Usaha Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Home Industri Oleh-oleh Ruly Snack Pekalongan)

Mufarridiyyah, Cholifah (2024) Analisis Strategi Keberlangsungan Usaha Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Home Industri Oleh-oleh Ruly Snack Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117055_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4117055_Full Text.pdf.crdownload
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dunia usaha pada saat ini tumbuh sangat pesat, baik dari sektor barang maupun jasa. Para pelaku usaha berusaha untuk menciptakan produk yang dapat dipasarkan pada konsumen dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan konsumen.Persaingan usaha pada saat ini sangat ketat. Para pengusaha memulai dan mempertahankan usahanya dan dikelola secara maksimal.Strategi bisnis adalah suatu kunci bagi pemilik usaha untuk mengambarkan lingkungan eksternal, maupun internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang digunakan oleh Home Industri Oleh-oleh Ruly Snack Pekalongan dalam menjaga eksistensi usahanya.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan riset lapangan (field reseach). Data yang diambil dari penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Home Industri Oleh-oleh Ruly Snack Pekalongan yaitu dengan cara penciutan biaya dengan mengelola biaya operasional dengan sebaik mungkin, strategi Digital Marketingdan melakukan Customer Relationship Marketing (CRM) atau menjalin hubungan baik dengan pelanggan agar direkomendasikan pada konsumen lain. Strategi yang dilakukan Home Industri Oleh-oleh Ruly Snack Pekalongan juga sudah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip tauhid, prinsip keadilan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggungjawab, dan prinsip kebajikan (Ihsan). Adapun faktor-fakor pendukung dalam keberlangsungan usaha Oleh-oleh Ruly Snack Pekalongan adalah Tidak melakukan penipuan atau menyembunyikan kecacatan dan bersikap tanggung jawab. Sedangkan Faktor penghambat dari usaha ini adalah faktor budaya, perubahan selera konsumen, dan persaingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi'i, Muhammad ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Bertahan, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Mufarridiyyah Cholifah
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:17
Last Modified: 22 Jul 2024 07:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9233

Actions (login required)

View Item View Item