Pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan

Jiyah, Tun (2019) Pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

MII Simbang wetan Buaran Pekalongan adalah Madrasah Swasta yang terletak di Jalan Raya Simbang Wetan. Berdasarkan hasil observasi di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), pendidik mengunakan metode ceramah, Sehingga suasana belajar kurang efektif. Oleh karena itu, perlu dikembangkanya media pembelajaran untuk mengiringi metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik agar lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu media yang diterapkan adalah dengan mengunakan media audio visual. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebidayaan Islam (SKI) Sebelummengunakan media audio visual.Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara media audio visual terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV di MII Simbang Wetan BuaranPekalongan? Seberapa besar pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV di MII Simbang Wetan BuaranPekalongan? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasiexsperimental. Penelitian ini dilakukan di kelas IV yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas (IVA) 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas (IVB) 23 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis mengunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan t-test pada kelompok pre-test kontrol dan eksperimen, dapat dibandingakan Perhitungan nilai t merupakan nilai thitung sebesar 0.34 dengan db = 23+23-1 = 45 dan taraf signifikansi 5% didapatkan ttabel sebesar 1,71. Jadi nilai thitung< ttabel artinya H0diterima artinya (Tidak Terdapat Perbedaan Tingkat Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan). Sedangkan pada perhitungan uji hipotesis menggunakan t-test pada kelompok pre-test dan post-test eksperiment, dapat dilihat hasil Perhitungan nilai t merupakan nilai thitung sebesar 2,99 dengan db= 23+23-1= 45 dan taraf signifikansi 5% didapatkan ttabel sebesar 1,71. Jadi nilai thitung > ttabel artinya H0 ditolak dan Ha ditrima (Ada Pengaruh Pengunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MII Simbang Wetan Pekalongan).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadli, FailasufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media, Audio, Visual, Motivasi, Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:55
Last Modified: 14 Jan 2021 02:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item