Kreativitas Guru Bahasa Arab Dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kadipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Widiyastuti, Rini (2024) Kreativitas Guru Bahasa Arab Dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kadipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220014_Cover_BAB I dan BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220014_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kreativitas guru dalam pembuatan alat permainan edukatif. Sebagai seorang guru penting sekali memiliki jiwa kreativitas yang tinggi, sehingga guru tidak hanya maju didepan kelas untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, akan tetapi guru juga dapat mengelola kelas dengan baik. Selain itu, guru harus bisa menciptakan media, metode serta menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, sehingga peserta didik tidak mudah bosan dan lebih semangat dalam pembelajaran. Hal ini menjadi penting karena akan mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan alat permainan edukatif dalam pembelajaran dapat mempermudah guru khususnya dalam menyampaikan materi dan mempermudah siswa dalam memahami apa yang disampaikan guru. MIS Kadipaten Wiradesa berupaya untuk selalu mewujudkan prestasi yang unggul baik dalam prestasi akademik maupun non akademik. Berbagai cara dilakukan oleh guru-guru di MIS Kadipaten Wiradesa untuk mencapainya. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan yaitu (1) Bagaimana kreativitas guru bahasa Arab dalam pembuatan alat permainan edukatif (APE) di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kadipaten Wiradesa?, (2) Apa saja faktor pendukung kreativitas guru bahasa Arab dalam pembuatan alat permainan edukatif (APE) di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kadipaten Wiradesa?, (3) Apa saja faktor penghambat kreativitas guru bahasa Arab dalam pembuatan alat permainan edukatif (APE) di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kadipaten Wiradesa?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berorientasi pada fenomena-fenomena atau gejala yang bersifat alami. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sedangkan langkah-langkah analisis data yang digunakan yaitu berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kadipaten Wiradesa khususnya guru bahasa Arab terbilang cukup kreatif. Terbilang cukup kreatif dikarenakan dalam pembelajaran bahasa Arab, guru menggunakan alat permainan edukatif (APE) yang dinamai dengan kartu geplak. Kartu geplak ini dibuat dan disesuaikan dengan materi pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan siswa dalam menerima materi yang disampaikan. Pembuatan alat permainan ini disesuaikan dengan permainan anak-anak yang sedang ramai (viral). Maka melalui permainan tersebut guru mencoba untuk membuat sebagai media pembelajaran dengan kreativitas yang dimiliki. Ada dua faktor kreativitas guru bahasa Arab dalam pembuatan APE, yaitu faktor pendukung (internal) open minded, percaya diri, dan memanfaatkan kreativitas yang dimiiki. Adapun (eksternal) yaitu sarana prasarana, orang tua, dan lingkungan belajar. Selain faktor pendukung, terdapat juga faktor penghambat. Terbagi menjadi dua yaitu (faktor internal) meliputi kurang dalam menguasai IPTEK, kurangnya motivasi untuk berkreasi dan kurangnya waktu untuk membuat APE. Sedangkan faktor eksternal yaitu pemahaman materi terlau banyak, perubahan kurikulum dan administrasi terlalu banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Alat Permainan Edukatif
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:21
Last Modified: 08 Oct 2024 03:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9359

Actions (login required)

View Item View Item