Pengaruh gaya mengajar interaksional guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 1 Bojong

Itsnaini, Aanisa Rahmalia (2024) Pengaruh gaya mengajar interaksional guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 1 Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120262_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120262_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2120262_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya gaya mengajar interaksional guru dan motivasi belajar siswa dalam menunjang hasil belajar siswa. Guru yang mampu mengajar dengan baik tentu akan menghasilkan hasil belajar siswa yang baik pula. Selain itu adanya motivasi yang baik dalam proses belajar juga akan mendapatkan hasil belajar yang baik. Semakin tinggi motivasinya, semakin intensitas usaha dan upaya yang dilakukan, maka semakin tinggi hasil belajar yang diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar interaksional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 1 Bojong. Kedua, untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 1 Bojong dan yang terakhir untuk mengetahui pengaruh antara keduanya terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP N 1 Bojong yang berjumlah 256. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, diperoleh sampel sebanyak 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji instrumen penelitian, uji prasyarat analisis, dan regresi regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar interaksional guru terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan pada t hitung sebesar 2,456 ≥ t tabel 1,995 dan nilai signifikansi 0,017 ≤ sig 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan pada t hitung sebesar 4,095 ≥ t tabel 1,995 dan nilai signifikansi 0,001 ≤ sig 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar interaksional guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan pada F hitung sebesar 14,935 ≥ F tabel 3,13 dan nilai signifikansi 0,001 ≤ 0,005, yang artinya Ho ditolak. Dengan R Square sebesar 30,2% yang artinya pengaruh gaya mengajar interaksional guru dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebanyak 30,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuthoin, MuthoinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar Interaksional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:31
Last Modified: 04 Oct 2024 04:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9361

Actions (login required)

View Item View Item