Implementasi Model Active Learning Dalam Pembelajaran bahasa Arab di MI Miftahul Ulum Tegal

Aulia, Syfna Mehda (2024) Implementasi Model Active Learning Dalam Pembelajaran bahasa Arab di MI Miftahul Ulum Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2220107_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (810kB)
[img] Text
2220107_Full Text.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Syfna Mehda Aulia. 2024. Implementasi Model Active Learning Dalam Pembelajaran bahasa Arab di MI Miftahul Ulum Tegal. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Pendidikan Bahasa Arab. Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Pembimbing: Faliqul Isbah, M.Pd. Kata Kunci : Model Active Learning, Pembelajaran bahasa Arab Pembelajaran bahasa Arab melalui Active Learning menghadapi tantangan kompleksitas tata bahasa, kesulitan dalam pengucapan dan penulisan, serta keterbatasan pendekatan tradisional dalam pengajaran yang kurang interaktif. Meskipun menawarkan potensi untuk meningkatkan keterlibatan siswa, penerapan Active Learning terhambat oleh keterampilan guru dan ketersediaan sumber daya yang memadai. Oleh karena itu, guru berusaha menerapkan berbagai model active learning untuk meningkatkan penerapan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan model Active Learning yang diterapkan oleh guru bahasa Arab di MI Miftahul Ulum Gumayun Tegal. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengevaluasi penerapan penggunaan model tersebut dalam meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan di kelas V untuk melihat secara langsung proses pembelajaran. Wawancara melibatkan guru mata pelajaran dan siswa untuk mendapatkan perspektif yang mendalam mengenai penerapan model Active Learning. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai kondisi madrasah. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, pengambilan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi data digunakan untuk memastikan keakuratan dan keandalan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Active Learning dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Miftahul Ulum Gumayun Tegal telah berjalan dengan baik. Beberapa model yang digunakan meliputi index card match, metode audiolingual, metode langsung, model card sort, dan motode teks acak. Faktor pendukung penerapan model ini antara lain minat belajar siswa yang tinggi, profesionalisme guru yang selalu berusaha mengaktifkan siswa, suasana pembelajaran yang antusias, serta ketersediaan fasilitas dan sumber belajar yang memadai. Namun, terdapat juga beberapa faktor penghambat, seperti siswa yang tidak menyampaikan pendapat dan perbedaan latar belakang siswa yang mempengaruhi partisipasi mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsbah, FaliqulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Active Learning, Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:53
Last Modified: 23 Jul 2024 06:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9363

Actions (login required)

View Item View Item