Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Software Lectora Inspire 17 Pada Siswa Kelas XI MA Tholabuddin Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang

Afkar, M. Fidyan (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Software Lectora Inspire 17 Pada Siswa Kelas XI MA Tholabuddin Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220073_Cover_BAB I dan BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220073_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas XI MA Tholabuddin Masin karena kurangnya motivasi dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Penyebab kurangnya motivasi dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab karena guru bahasa Arab dalam mengajar menggunakan metode ceramah dan menerjemahkan teks secara monoton. Akibatnya praktik mengajar kurang optimal. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif yang dapat memotivasi siswa dan manarik perhatian siswa agar aktif dalam pembelajaran bahasa Arab. Media yang akan dikembangkan berupa media pembelajaran bahasa Arab berbasis muktimedia interaktif menggunakan software lectora inspire 17. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif menggunakan software lectora inspire 17 pada siswa kelas XI MA Tholabuddin Masin, (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif menggunakan software lectora inspire 17 pada siswa kelas XI MA Tholabuddin Masin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan instrutional design (desain pembelajaran) dengan pendekatan ADDIE dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan angket, serta teknik analisiS data dengan menggunakan analisis observasi dan wawancara, dan analisis angket atau kuesioner. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif yang disusun menggunakan software lectora inspire 17. Produk media pembelajaran ini di dalamnya menyajikan materi pembelajaran bahasa Arab yang bertema الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ , terdapat 5 menu dalam halaman utama yaitu menu tujuan pembelajaran, menu materi yang terdiri dari sub menu istimā’, menu al-kalām, menu al-qirāah, menu al-kitābah, dan menu al-qawāid, kemudian menu evaluasi pembelajaran, menu sumber referensi pembelajaran dan menu profil penyusun. Media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interktif menggunakan software lectora inspire 17 layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil dari validasi ahli media sebesar 79% dikategorikan layak, ahli materi sebesar 90% dikategorikan sangat layak, dan persentase penilaian dari respon peserta didik sebesar 79% dikategorikan layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Lectora Inspire 17
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:05
Last Modified: 10 Oct 2024 02:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9369

Actions (login required)

View Item View Item