Implementasi Geogebra Pada Materi Persamaan Kuadrat Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan”

Ussakinah, lukluk (2024) Implementasi Geogebra Pada Materi Persamaan Kuadrat Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan”. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620023_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620023_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kesulitan mengingat informasi atau pemahaman yang sudah diperoleh, kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematika, dan media pembelajaran pada materi persamaan kuadrat sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahaminya, maka salah satu teknik untuk melihat pemahaman siswa tentang konsep matematika yaitu dengan representasi matematika yaitu diperlukan inovasi yang dapat dilakukan dengan mengimplementasikan media pembelajaran geogebra. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi geogebra pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan dan bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi geogebra pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi geogebra pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi geogebra pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru matematika kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan dan siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari data nilai tes kemampuan pemahaman matematika siswa kemudian keberhasilan implementasi geogebra diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga kategori siswa dalam pemahaman konsep matematika pada materi persamaan kuadrat, yaitu kategori tinggi mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep, kategori sedang juga dapat memenuhi indikator-indikator tersebut, namun masih terdapat beberapa kekeliruan kategori rendah belum mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep secara baik. Implementasi geogebra dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi persamaan kuadrat kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan. Serta adanya faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi geogebra pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadli, FailasufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: implementasi geogebra, pemahaman konsep matematika, faktor pendukung dan faktor penghambat.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:32
Last Modified: 01 Oct 2024 04:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9388

Actions (login required)

View Item View Item