Janah, Miftakhul (2024) Implementasi metode al-husna dalam pembelajaran membaca al-qur’an di TPQ al Irsyad Al Islamiyyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2117340_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2117340_FULL TEXT B5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2117340_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Indonesia termasuk negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, namun terdapat 65% tidak bisa membaca Al-Qur’an. Salah satu metode pembelajaran membaca Al-Qur'an yang efektif adalah metode Al-Husna TPQ Al-Irsyad Al Islamiyah adalah lembaga pendidikan yang mengutamakan pembelajaran Al-Qur’an untuk anak laki-laki dan anak perempuan mulai dari usia 4 tahun sampai usia remaja. TPQ Al Irsyad merupakan satu-satunya sekolah yang sudah menerapkan metode Al-Husna di Pekalongan. Program yang ditawarkan di TPQ AlIrsyad diantaranya program baca tulis Al-Qur’an. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi metode Al-Husna?, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode Al-Husna dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Al Irsyad Al Islamiyyah Pekalongan?. Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode Al-Husna dan mendeskripsikan faktor pendukung serta penghambat implementasi metode Al-Husna dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Al Irsyad Al Islamiyyah Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Desain penelitiannya adalah deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode AlHusna dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Al Irsyad Al Islamiyyah Pekalongan dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor pendukung implementasi metode Al-Husna antara lain: sarana dan prasarana yang memadai, diadakan In House Training (IHT), dan adanya dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Sedangkan faktor penghambat implementasi metode Al-Husna dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Al Irsyad Al Islamiyyah adalah guru kurang maksimal dalam menerapkan metode Al-Husna dan pengayaan yang sedikit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Al-Husna, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:16 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9413 |
Actions (login required)
View Item |