Implementasi kegiatan sekolah ramadhan HMPS PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid dalam melatih keterampilan mengajar di SMP N 12 Pekalongan

Oktaviani, Erni (2024) Implementasi kegiatan sekolah ramadhan HMPS PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid dalam melatih keterampilan mengajar di SMP N 12 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120177_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120177_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini karena peneliti tertarik untuk mengetahui salah satu program kerja yang diadakan oleh HMPS PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid dalam melatih keterampilan mengajar dan juga masih terdapat mahasiswa yang belum mengikuti pelatihan mengajar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program Sekolah Ramadhan sebagai strategi inovatif dalam meningkatkan keterampilan mengajar para pendidik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan, melibatkan sejumlah guru dari berbagai tingkatan pendidikan. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan analisis dokumentasi selama periode implementasi Sekolah Ramadhan. Berdasarkan latar belakang masalah, penelitian ini ingin meneliti Kegiatan Sekolah Ramadhan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program studi Pendidikan Agama Islam untuk melatih keterampilan mengajar bagi para Mahasiswa sebagai bekal untuk menjalankan (PPL) Praktik Pengalaman Lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Ramadhan efektif dalam meningkatkan keterampilan mengajar bagi mahasiswa. Program ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pendidikan Islam, integrasi nilai-nilai keagamaan dalam pembelajaran, dan penerapan metode pengajaran yang inovatif. Selain itu, partisipasi aktif dalam kegiatan Sekolah Ramadhan juga memberikan dampak positif pada motivasi dan semangat mengajar bagi mahasiswa. Temuan ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan profesionalisme guru dan pembangunan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya mempertimbangkan program Sekolah Ramadhan sebagai bagian integral dari pengembangan keterampilan mengajar, terutama di lingkungan pendidikan yang berbasis nilai-nilai keagamaan. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi aspek-aspek tertentu dari Sekolah Ramadhan yang memiliki dampak signifikan pada peningkatan keterampilan mengajar guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa'rifin, Ahmad197510202005011002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar, Praktik Pengalaman Lapangan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:11
Last Modified: 08 Oct 2024 03:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9422

Actions (login required)

View Item View Item