Pemanfaatan google formulir dalam evaluasi pembelajaran siswa kelas VI di SD Negeri 01 Jagung Kecamatan Kesesi Pekalongan

Hanifah, Hana (2024) Pemanfaatan google formulir dalam evaluasi pembelajaran siswa kelas VI di SD Negeri 01 Jagung Kecamatan Kesesi Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320057_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320057_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2320057_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia termasuk pendidikan, menuntut guru untuk mampu mengintegrasikan pembelajaran/penilaian dengan memanfaatkan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan. Kompetensi yang dimiliki guru baik pengetahuan, sikap, keterampilan cukup mengukur kemampuan profesionalisme guru melakukan inovasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru kelas VI di SD Negeri 01 Jagung memanfaatkan handphone sebagai evaluasi pembelajaran di sekolah menggunakan aplikasi google formulir, supaya siswa mengerti bahwa handphone tidak hanya digunakan untuk komunikasi, bermain dan hiburan saja. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya, yaitu: 1) Bagaimana pemanfaatan google formulir dalam evaluasi pembelajaran siswa kelas VI SD Negeri 01 Jagung Kecamatan Kesesi Pekalongan?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan google formulir dalam evaluasi pembelajaran siswa kelas VI SD Negeri 01 Jagung Kecamatan Kesesi Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemanfaatan google formulir dalam evaluasi pembelajaran, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan google formulir dalam evaluasi pembelajaran siswa kelas VI SD Negeri 01 Jagung Kecamatan Kesesi Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pemanfaatan google formulir dalam evaluasi pembelajaran siswa kelas VI di SD Negeri 01 Jagung berjalan dengan baik sesuai tujuan yang dicapai. Penggunaan google formulir membantu mempercepat proses serangkaian evaluasi pembelajaran baik dari tenaga,biaya, dan waktu, tampilan google formulir yang menarik memberikan respond positif dan perasaan senang pada diri siswa saat kegiatan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan pemanfaatan google formulir dalam evaluasi pembelajaran siswa kelas VI SD Negeri 01 Jagung terdapat 3 tahap yaitu; persiapan, pelaksanaan, evaluasi kegiatan. Kedua,faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan google formulir terbagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kondisi internal siswa, kesiapan, kemampuan, minat dan motivasi siswa, sementara faktor eksternal meliputi sarana prasarana, kompetensi guru, dukungan orang tua/wali siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Google Formulir, Evaluasi Pembelajaran, siswa.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:25
Last Modified: 25 Jul 2024 04:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9503

Actions (login required)

View Item View Item