Pengembangan Media Ajar Berbasis Komik dalam Pembelajaran Mahārah Qirā’ah pada Siswa Kelas VIII SMP NU Karangdadap Pekalongan

Aini, Iska (2024) Pengembangan Media Ajar Berbasis Komik dalam Pembelajaran Mahārah Qirā’ah pada Siswa Kelas VIII SMP NU Karangdadap Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220086_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2220086_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Mahārah qirā’ah sangat penting untuk dikuasai siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Namun, faktanya masih banyak siswa yang kurang menguasai keterampilan tersebut. Faktor yang menyebabkan sulitnya siswa dalam memahami teks bacaan salah satunya yaitu kurangnya penguasaan kosa kata, selain itu juga karena kurang menariknya bahan bacaan yang disajikan, seperti yang terjadi pada siswa kelas VIII SMP NU Karangdadap. Guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran yang memadai, sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang membosankan dan tidak menarik bagi siswa untuk menyimak materi. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan media ajar berbasis komik dalam pembelajaran mahārah qirā’ah pada siswa kelas VIII SMP NU Karangdadap Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengembangan media ajar berbasis komik dalam pembelajaran mahārah qirā’ah pada siswa kelas VIII SMP NU Karangdadap Pekalongan?, 2) Bagaimana implementasi media ajar berbasis komik dalam pembelajaran mahārah qirā’ah pada siswa kelas VIII SMP NU Karangdadap Pekalongan?, 3) Bagaimana kelayakan media ajar berbasis komik dalam pembelajaran mahārah qirā’ah pada siswa kelas VIII SMP NU Karangdadap Pekalongan?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengembangan media ajar berbasis komik dalam pembelajaran mahārah qirā’ah pada siswa kelas VIII SMP NU Karangdadap Pekalongan, 2) Untuk mengetahui implementasi media ajar berbasis komik dalam pembelajaran mahārah qirā’ah pada siswa kelas VIII SMP NU Karangdadap Pekalongan, 3) Untuk mengetahui kelayakan media ajar berbasis =komik dalam pembelajaran mahārah qirā’ah pada siswa kelas VIII SMP NU Karangdadap Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode reseach and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Terdapat tiga jenis angket, yaitu angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan angket respon siswa. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media ajar berbasis komik untuk pembelajaran mahārah qirā’ah menggunakan website Canva. Media ini memuat materi bab 6 kelas VIII semester genap. Hasil uji kelayakan oleh ahli media pada tahap I yaitu 68,57% dengan kategori layak dan mendapat beberapa masukan revisi produk. Hasil uji kelayakan oleh ahli media pada tahap II yaitu 84,54% dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 73,3% dengan kategori layak. Sedangkan respon siswa terhadap media komik setelah dilakukan uji coba mendapat presentase sebesar 82% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa media komik ini layak untuk digunakan pada pembelajaran mahārah qirā’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsbah, FaliqulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Komik, Mahārah qirā’ah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:29
Last Modified: 08 Oct 2024 06:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9506

Actions (login required)

View Item View Item