Implementasi Program Takhasus Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Siswa Di Mts Salafiyyah Nu Karanganyar Tirto Pekalongan

Suryani, May (2024) Implementasi Program Takhasus Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Siswa Di Mts Salafiyyah Nu Karanganyar Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2217058_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (715kB)
[img] Text
2217058_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
2217058_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

May Suryani, 2024. Implementasi Program Takhasus dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Siswa di MTs Salafiyyah NU Karanganyar. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Islam Negeri (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing : Dr, Abdul Basith, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kemunculan program takhasus membaca kitab kuning di lembaga formal salah satunya di MTs Salafiyyah NU Karanganyar Tirto, padahal pembelajaran kitab kuning umumnya dilaksanakan di pesantren dan sekolah yang berbasis pesantren. Meskipun bukan sekolah yang berbasis pesantren, MTs Salafiyyah NU Karanganyar Tirto dapat menarik minat siswa untuk mengikuti program takhasus membaca kitab. Program tersebut merupakan program satu-satunya yang baru ada pada sekolah menengah pertama di kecamatan Tirto. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa rumusan masalah yaitu : Bagaimana implementasi program takhasus dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning siswa di MTs Salafiyyah NU Karanganyar. Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan program takhasus tersebut. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui tentang implementasi program takhasus dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning siswa di MTs Salafiyyah NU Karanganyar Tirto serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program takhasus kitab kuning . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program takhasus di MTs Salafiyyah NU KaranganyarTirto bertujuan untuk menggali potensi, mengembangkan minat siswa dalam membaca kitab kuning dan mempersiapkan siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke pondok pesantren. Program ini dilaksanakan bersamaan dengan mata pelajaran kelas reguler dengan tambahan jam pelajaran khusus untuk materi takhasus, yaitu nahwu, sharaf, dan kitab kuning. Metode yang digunakan meliputi sorogan, hafalan, penulisan, dan penerjemahan teks Arab. Penilaian dilakukan secara mingguan dan setiap akhir semester melalui tes tertulis dan lisan. Faktor pendukung keberhasilan program takhasus meliputi adanya kegiatan muroja’ah atau mengulang hafalan, dukungan orang tua siswa, dan kesiapan pengajar baik secara mental, media, alat, maupun wawasan keilmuan. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat seperti perbedaan kemampuan antar siswa, kesulitan menghafal karena kitab tanpa harakat, suasana kelas yang tidak kondusif, dan manajemen waktu yang kurang baik oleh siswa akibat penggunaan HP serta beban tugas yang banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Takhasus, Kemampuan Membaca, Kitab Kuning
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:49
Last Modified: 25 Jul 2024 08:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9530

Actions (login required)

View Item View Item