Ningrum, Kharisma Pratiwi (2024) Implementasi Metode Lesson Study Berbasis Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Di Smp Negeri 03 Sragi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120174_COVER, BAB I dan BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2120174_FULL TEXS.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam adalah salah satu mata pelajaran wajib dalam kurikulum pendidikan nasional. Tujuannya untuk membentuk para siswa menjadi pribadi yang berkepribadian baik sesuai syariat islam. Lesson study merupakan strategi pembinaan profesi guru berkelanjutan berbasis kelas & kolaboratif untuk mengoptimalkan layanan siswa belajar. Lesson study bermanfaat untuk mengembangkan model pembelajaran, mengembangkan media pembelajaran, mengembangkan bahan ajar, dan mengembangkan evaluasi pembelajaran. Melalui implementasi metode Lesson Study berbasis kerja kelompok, guru dapat mengkaji dan merencanakan pembelajaran pendidikan agama islam yang aktif dalam tahapannya, sehingga dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang tergolong dalam penelitian lapangan (Field Research) yaitu peneliti secara langsung mengamati dan berinteraksi di lapangan. Dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan dalam penelitian ini, maka penulis akan mencari dan mendeskripsikan keutuhan gejala, peristiwa-peristiwa dan kasus atau kegiatankegiatan yang berhubungan dengan implementasi metode Lesson Study berbasis kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi serta kuesioner atau angket. Setelah itu diuji keabsahannya menggunakan uji kredibilitas (Credibility) yang meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, serta mengadakan membercheck. Hasil penelitian menujukkan bahwa implementasi Metode Lesson Study berbasis Kerja Kelompok dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 03 Sragi berjalan dengan baik melalui 3 tahapannya yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see). Adapun faktor pendukung yang ditemui dalam metode ini adalah tingginya minat belajar siswa saat pembelajaran menggunakan metode Lesson Study berbasis kerja kelompok. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu yang dimiliki guru dalam melaksanakan metode tersebut, serta banyaknya siswa yang tidak ideal dalam satu kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, metode Lesson Study berbasis kerja kelompok mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 03 Sragi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Lesson Study, Kerja Kelompok, Pendidikan Agama Islam. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 04:05 | ||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9559 |
Actions (login required)
View Item |