Pengaruh kerja kelompok sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Pucangluwuk 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal

Aeni, Eli Yatus (2019) Pengaruh kerja kelompok sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Pucangluwuk 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kerja kelompok sebaya adalah salah satu metode yang ada pada metode pembelajaran sebagai salah satu faktor penunjang tercapainya proses belajar mengajar yang menarik yang mendorong anak didik kearah perkembangan prestasi yang memuaskan.Dalam hal ini guru dituntut untuk menciptakan suasana kelas yang tidak membosankan salah satunya dengan menggunakan beberapa metode-metode yang membuat siswa lebih aktif dikelas yang mana bertujuan agar siswa lebih semangat belajar dan berpengaruh pada hasil belajarnya yang maksimal. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang diatas adalah Bagaimana kerja kelompok sebaya di SDN Pucangluwuk 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal? Bagaimana hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Pucangluwuk 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal? Bagaimana pengaruh kerja kelompok sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAA di SDN Pucangluwuk 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kerja kelompok sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Pucangluwuk 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan kajian ilmu pengetahuan serta memberikan pemahaman tentang kerja kelompok sebaya di SDN Pucangluwuk 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, serta pengaruh kerja kelompok sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Pucangluwuk 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi.Tehnik analisis data yang digunkana adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Kerja Kelompok Sebaya di SDN Pucangluwuk 01 dalam kategori istimewa, dilihat dari besarnya rata-rata perolehan skor pengisian angket, diperoleh rata-rata sebesar 56,81 terletak pada interval (56 – 57), sehingga Kerja Kelompok Sebaya si SDN Pucangluwuk 01 dikategorikan istimewa atau sangat istimewa.(2) Hasil belajar IPA siswa SDN Pucangluwuk 01 dalam kategori baik, dilihat dari besarnya rata-rata nilai hasil belajar IPAdiperoleh rata-rata sebesar 81,62 yang terletak pada interval (81 – 82), sehinggahasil belajar IPA siswa SDN Pucangluwuk 01dikategorikan baik. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara kerja kelompok sebaya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pucangluwuk 01. Yang ditunjukkan dengan t hitung3,164 > t tabel 2,005Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kerja kelompok sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Pucangluwuk 01. (4) Berdasarkan hasil dari koefisien determinasi, nilai adjust R square sebesar 0,143.. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pengaruh variabel Kerja Kelompok Sebaya (X) terhadap Hasil Belajar IPA (Y) sebesar 14,3% dan sisanya sebesar 85,7 %dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kerja Kelompok Sebaya, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 24 Jun 2020 06:18
Last Modified: 24 Jun 2020 06:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item