Problematika guru dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTs Baitul Ashfiya Kabupaten Tegal

Aditya, Sefia Sindi (2024) Problematika guru dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTs Baitul Ashfiya Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120078_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120078_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum merdeka yang baru diterapkan di MTs Baitul Ashfiya pada tahun 2023 dan baru diterapkan di kelas 7, dalam melaksanakan suatu program tentu ditemukan berbagai problematika, tanpa kecuali dengan diterapkannya kurikulum merdeka di MTs Baitul Ashfiya pada saat ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits serta solusi yang diperoleh guru untuk mengatasi problematika penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Baitul Ashfiya Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reserach). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data yang diperoleh dari hasil wawancara kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru Al-Qur’an Hadits di MTs Baitul Ashfiya Kabupaten Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dialami guru Al-Qur’an Hadits dalam penerapan kurikulum merdeka di MTs Baitul Ashfiya Kabupaten Tegal, meliputi: kurangnya pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka, guru Al-Qur’an Hadits mengalami kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka dan kondisi peserta didik, guru Al-Qur’an Hadits mengalami kesulitan dalam penyusunan modul ajar atau rencana pembelajaran. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang terjadi mengenai kurikulum merdeka maka guru mengikuti pelatihan dan workshop, menggunakan metode kombinasi dalam proses pembelajaran, dan mengikuti kegiatan forum MGMP (Musyawarh Guru Mata Pelajaran) yang bertujuan untuk mengatasi problematika yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Guru, Kurikulum Merdeka dan Al-Qur’an Hadits
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:14
Last Modified: 09 Oct 2024 10:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9573

Actions (login required)

View Item View Item