Keterampilan mengajar guru kelas di SD N Batiombo 01 Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang

Tsoniyah, Arum (2018) Keterampilan mengajar guru kelas di SD N Batiombo 01 Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Hal ini menjelaskan bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung kepada bagaimana proses belajar mengajar dirancang dan dijalankan secara profesional. Belajar mengajar merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan sikap dan kepribadiannya. Belajar mengajar juga akan mengalami kebosanan jika tidak dilakukan secara variatif. Oleh karena itu, guru memerlukan keterampilan dalam mengajar, agar siswa dapat memahami pelajaran, dan pembelajaran bisa berlajan secara efektif dan efesien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana keterampilan mengajar guru kelas di SD N Batiombo 01 Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat keterampilan mengajar guru kelas di SD N Batiombo 01 Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini untuk (1) untuk mendeskripsikanketerampilanr mengajar guru di SD N Batiombo 01 Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, (2) untuk mengetahui apasaja faktor pendukung dan penghambat keterampilan mengajar guru di SD N Batiombo 01 Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang.Adapunmanfaatyang diperoleh dalam penelitian ada dua yaitu secara teoretis dan praktis. Manfaat penelitian secara teoretis yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi khasanah keilmuan dalam dunia pendidikan, dan mengetahui keterampilan dasar mengajar guru termasuk cara agar siswa dalam kegiatan pembelajaran paham sesuai tujuan pembelajaran, sedangkan secara praktis bagi akademik yaitu Sebagai salah satu bahan informasi pendidik maupun mengembangkan kurikulum dengan peningkatan strategi pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan mutu pendidikan, manfaat praktis bagi guru yaitu diharapkan dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan diharapkan memberi tugas tambahan bagi guru untuk menambah menguasai keterampilan guru, manfaat praktis bagi siswa yaitu Hasil penelitan ini diharapkan siswa dapat memahami dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, dan dapat menerima pelajaran dengan baik, manfaat bagi sekolah yaitu diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi sekolah agar setiap guru mempunyai keterampilan, dan manfaat bagi peneliti yaitu keterampilan mengajar guru harus dimiliki dan benar-benar dikuasai bagi setiap seorang profesi guru, agar siswa dapat menerima pelajaran dengan lebih baik sesuai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan (field research). Ada dua sumber data yang ada pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan tentang keterampilan mengajar guru kelas di SD N Batiombo 01 Kecamatan Bandar, Kabupaten Batangdapat dikatakan sudah baik. Pada pelaksanaan keterampilan mengajar guru, SD N Batiombo 01telah melaksanakan 8 keterampilan mengajar yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Adapun faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kooperatif, yaitu faktor pendukung: (1) dalam diri siswa, (2) motivasi siswa, dan (4) banyaknya keterampilan mengajar yang guru kuasai, (4)Siswa yang aktif, kreatif, dan mudah berinteraksi. Sedangkan faktor penghambatnya: (1) kemampuan siswa, (2) suasana tidak kondusif, (3) Membangkitkan siswa untuk bertanya, (4) siswa yang sering ijin keluar dan (5) membutuhkan waktu lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar Guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 24 Jun 2020 06:34
Last Modified: 24 Jun 2020 06:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item