Eridiani, Eta (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Pembelajaran Mufradat Siswa Kelas Va Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Bligo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220048_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (843kB) |
|
Text
2220048_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2220048_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan siswa yang mengatakan bahwa mereka tidak tertarik dengan mata pelajaran Bahasa Arab karena metode yang digunakan belum ada inovasi yang bisa mebangun minat belajar, sehingga mereka kurang memperhatikan pembelajaran Bahasa Arab. Meskipun ada beberapa anak yang memang mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, apabila dilihat secara umum kondisi kelas belum efektif, hal itu mempengaruhi penguasaan mufradat siswa menjadi terhambat karena mereka memilih melakukan aktivitas lain disaat proses belajar mengajar. Dengan permasalahan yang ada, guru Bahasa Arab di objek penelitian menyarankan peneliti untuk melakukan pengembangan sebuah produk media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa sekaligus memudahkan siswa dalam memahami mufradat Bahasa Arab. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan yaitu (1) bagaimana pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis aplikasi animaker dalam meningkatkan penguasaan mufradat kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Bligo kecamatan Buaran kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis aplikasi animaker untuk meningkatkan penguasaan mufradat kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Bligo kecamatan Buaran kabupaten Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research & Development) dengan model pengembangan instructional design (desain pembelajaran) dengan pendekatan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan angket/quesioner. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan analisis observasi dan wawancara, serta analisis angket atau kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran Bahasa Arab berbasis aplikasi animaker yang dikembangkan dengan menganalisis kondisi kelas terlebih dahulu, kemudian melakukan pengembangan produk media hingga finish dan dilanjutkan dengan penerapan media pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran Bahasa Arab berbasis aplikasi animaker ini telah melalui tahap validasi oleh ahli media dan ahli materi dengan rata-rata perolehan presentase sebesar 87% dengan kategori sangat layak. Selain itu, hasil presentase dari angket uji respon siswa berada di angka 89% dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil analisis angket yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Bahasa Arab berbasis aplikasi animaker sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Aplikasi Animaker, penguasaan mufradat | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 04:11 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 09:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9590 |
Actions (login required)
View Item |