Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Di Kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan

Zulfania, Naila Ayu (2024) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Di Kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319105_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319105_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2319105_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah ini berfokus pada kemampuan membaca dan menulis siswa yang masih rendah terutama peserta didik kelas II, dimana siswa kelas II masih mengalami, kesulitan membaca dan menulis, untuk itu MI AL-Ittihadiyah Coprayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan berupaya untuk meningkat kemampuan literasi siswa yang masih rendah, tujuannya agar memiliki literasi membaca yang baik. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan? dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan dan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi membaca dan menulis siswa kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data melalui teknik tringulasi yang memanfaatkan sumber. Teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian di MI Al-Ittihadiyah Coprayan yaitu dengan mengadakan jam belajar tambahan atau les tambahan, mengoptimalkan proses pembelajaran bahasa indonesia secara intensif, mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif dan pemilihan media yang menarik. Adapun faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II MI Al-Ittihadiyah Coprayan yang pertama faktor pendukungnya peran orang tua, guru yang inovatif dan meningkatkan kreativitas membaca dan menulis siswa, sedangkan faktor penghambatnya yaitu suasana kelas kurang kondusif, kurangnya perhatian keluarga dan rendahnya minat membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis, Membaca dan Menulis.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:09
Last Modified: 28 Aug 2024 04:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9598

Actions (login required)

View Item View Item