Alfarizi, Muhammad Salman (2024) Strategi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Melalui Kegiatan Ilqō’ul Mufradāt Di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220012_Cover, Bab I&V.pdf Download (917kB) |
|
Text
2220012_Full Text Skripsiku.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2220012_Lampiranku.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kendala yang dihadapi oleh para santri saat masuk pesantren dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, minat santri yang beragam, dan kebutuhan untuk melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Darul Amanah yang di dalamnya memberlakukan lingkungan berbahasa menjadi sebuah keharusan untuk menguasai bahasa Arab khususnya penguasaan mufradāt. Pengembangan kosakata merupakan aspek dasar dalam pembelajaran bahasa Arab, karena hal tersebut akan membantu para pembelajar mencapai tingkat kompetensi yang lebih tinggi dalam berkomunikasi bahasa Arab Rumusan masalah yang muncul berdasarkan latar belakang masalah diatas adalah Bagaimana strategi pembelajaran kosakata bahasa Arab melalui kegiatan ilqō’ul mufradāt di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal?, serta Apa kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran kosakata bahasa Arab melalui kegiatan ilqō’ul mufradāt di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran kosakata bahasa Arab melalui kegiatan ilqō’ul mufradāt di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal dan untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran kosa kata bahasa Arab melalui kegiatan ilqō’ul mufradāt di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ilqō’ul mufradāt dirancang secara sistematis dan bertahap menggunakan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), yang melibatkan pengenalan kosakata baru, pengulangan, dan penggunaan dalam konteks yang relevan. Kelebihan dari strategi ini termasuk peningkatan penguasaan kosakata santri melalui pengulangan dan praktik aktif. Namun, terdapat kekurangan seperti kurangnya praktik sehari-hari di luar kegiatan formal dan keterbatasan sumber daya untuk mendukung media pembelajaran. Secara keseluruhan, strategi pembelajaran kosakata bahasa Arab melalui kegiatan ilqō’ul mufradāt di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal mampu meningkatkan penguasaan kosakata santri. Namun, diperlukan perbaikan dalam hal evaluasi individu, penambahan praktik sehari-hari, dan pengelolaan sumber daya untuk hasil yang lebih optimal dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Kosakata Bahasa Arab, Ilqō’ul Mufradāt | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:40 | ||||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 06:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9609 |
Actions (login required)
View Item |