Analisis Problematika Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Tahun 2021 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Priyatun, Inayah (2024) Analisis Problematika Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Tahun 2021 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220120_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220120_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika yang timbul pada diri mahasiswa, terutama jika ditinjau dari latar belakang pendidikan sebelumnya yakni pada Sekolah Menengah Keatas (SMK) atau sederajatnya. Dari latar belakang pendidikan mahasiswa inilah yang mengakibatkan munculnya problematika atau kesenjangan antara seharusnya dan kenyataan dilapangan. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab tahun 2021 di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, penelitian ini menghasilkan bahwa ada beberapa problematika yang berkaitan dengan latar belakang pendidikan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yaitu: (1) problematika dari faktor internal, meliputi: kesulitan memahami materi, kurang menguasai kosa kata, kesulitan dalam gramatikal, kesulitan dalam menerapkan mahārah dan merasa tertinggal dengan mahasiswa lain. (2) problematika dari faktor eksternal, meliputi: pembelajaran yang kurang efektif, metode yang kurang efektif, lingkungan kurang mendukung dalam kecakapan berbahasa Arab dan terganggu dengan mahasiswa lain saat pembelajaran. upaya yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab peneliti kategorikan dalam dua kategori, yakni: (1) upaya yang dilakukan diri sendiri yang meliputi: belajar mandiri dengan literasi yang ada, menambah hafalan kosa kata, mengatur waktu dan menjaga kesehatan, serta mengikuti pelatihan-pelatihan. (2) upaya yang dilakukan bersama mahasiswa lain meliputi: belajar bersama teman dan membentuk lingkungan bahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Latar belakang pendidikan, mahasiswa, problematika dan upaya
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:46
Last Modified: 09 Oct 2024 06:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9627

Actions (login required)

View Item View Item