Faida, Fara (2024) Pengaruh pembelajaran kitab uyunul masail terhadap pemahaman materi haid bagi alumni sma angkatan 2019/2020 di Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
Text
2120278_Cover Bab I dan Bab V.pdf Download (880kB) |
|
Text
2120278_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Sangat penting bagi perempuan, untuk mempelajari materi haid, seperti di dalam kitab Uyunul Masail yang membahas banyak hal tentang masalah kehidupan perempuan, mulai dari saat haid hingga saat melahirkan. Pada Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha Pekalongan, ada pelajaran khusus untuk santri putri karena pengetahuan tentang haid sangat penting. Pelajaran ini diberikan menggunakan kitab Uyunul Masail, yang membahas haid, istihadah, nifas, dan topik lainnya yang berkaitan dengan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah pembelajaran kitab Uyunul Masail mempengaruhi pemahaman alumni Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha Pekalongan tentang haid. Problem yang muncul Apakah ada pengaruh antara pembelajaran kitab Uyunul Masail dan pemahaman haid alumni di Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha Pekalongan? Berdasarkan pertanyaan tersebut, hipotesis yang muncul adalah bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran kitab Uyunul Masail dan pemahaman haid bagi alumni SMA angkatan 2019/2020 di Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha Pekalongan. Penelitian kuantitatif dengan jumlah responden adalah 36 alumni SMA angkatan 2019/2020 perempuan. Metode pengumpulan data melibatkan angket dan observasi. Uji validitas dan Reliabilitas untuk menguji instrument. Sedangkan teknis analisis menggunakan uji regresi sederhana dan koefisien determinasi.Dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup yaitu sebesar 22,3% pengaruh pembelajaran kitab Uyunul Masail terhadap pemahaman haid alumni Pondok Pesantren dari analisis regresi sederhana Terpadu Al Fusha Pekalongan. Sesuai dengan hasil uji hipotesis bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan itu maka, terdapat pengaruh signifikan antara variabel pembelajaran Kitab Uyunul Masail (X) terhadap variabel pemahaman haid (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kitab Uyunul Masail, Pemahaman Haid | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 08:44 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9631 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
View Item |