Implementasi Kegiatan Gercia (Gerakan Cinta Al-Qur’an) Melalui Pembiasaan Di Sma Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan

Risqoh, Siti Chumaerotur Rofiatur (2024) Implementasi Kegiatan Gercia (Gerakan Cinta Al-Qur’an) Melalui Pembiasaan Di Sma Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120098_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120098_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2120098_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Risqoh, Siti Chumaerotur Rofiatur . 2120098. 2024. Implementasi kegiatan GERCIA (Gerakan Cinta Al-Qur'an)Melalui Pembiasaan di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Pendidikan Agama Islam. Membaca Al-Qur’an bagi umat Islam merupakan ibadah kepada Allah SWT. Untuk itu kegiatan belajar dan pembiasaan membaca Al-Qur’an harus diimplementasikan pada anak sejak dini. Membaca Al-Qur’an memang tidak mengutamakan pada pemahaman dan penyerapan melalui transfer informasi semata, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan. Untuk itu kemampuan peserta didik perlu diatih dan dikembangkan melalui kegiatan pembiasaan yang menunjang kemampuan membaca Al-Qur’an. Namun sayang melihat kondisi sekarang ini masih banyak pelajar yang belum mampu membaca Alquran. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya rasa cinta terhadap Alquran. Untuk mengatasi kondisi tersebut peneliti melakukan penelitian di sebuah lembaga pendidikan yakni SMA Negeri 1 Kajen yang difokuskan pada program Gerakan Cinta Alquran “GERCIA”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kegiatan gercia (gerakan cinta Al-Qur'an) melalui pembiasaan di SMA Negeri 1 Kajen sebuah sekolah menengah atas di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Gerakan ini dirancang untuk meningkatkan dan memperkuat cinta siswa terhadap Al-Qur'an dalam bentuk pembiasaan. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi kegiatan GERCIA melalui pembiasaan di SMAN 1 Kajen Kabupaten Pekalongan? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kegiatan GERCIA di SMAN 1 Kajen, Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kulalitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik analisis datanya kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verivikasi. Peneliti sebagai instrumen kunci, sedangkan informannya adalah : guru pai yang sekaligus menjadi pembina kegatan gercia, dan siswa perwakilan kelas X, XI dan XII SMA Negeri 1 Kajen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan GERCIA(gerakan cinta Al-Qur'an) memiliki efek positif terhadap siswa dan sekolah, terutama dalam membantu siswa memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dan terbiasa membacanya. Penelitian ini juga menemukan bahwa gerakan ini telah berkontribusi pada lingkungan sekolah yang lebih positif dan mendukung, di mana siswa merasa lebih nyaman dan tmotivasi untuk mengamalkannya. Adanya kegiatan ini juga membantu siswa dalam menyalurkan bakat dalam membaca Al-Qur’an. Penggunakan metode tartil, tilawah dan tahfidz Al-Qur’an tidak hanya menghasilkan siswa berbakat namun juga beprestasi. Hampir setiap tahun sekolah ini meraih kejuaraan pada cabang lomba tartil, tilawah, dan tahfidz Al-Qur’an baik ditingkat Kecamatan Kajen hingga tingkat Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRokhuma, Chubbi MillatinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pembiasaan, membaca Al-qur'an.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:55
Last Modified: 29 Jul 2024 01:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9642

Actions (login required)

View Item View Item