Pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas III MSI 12 Pabean Kota Pekalongan

Mustamiroh, Fina (2019) Pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas III MSI 12 Pabean Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran pendidikan agama Islam yang sangat besar peranannya dalam membentuk sikap dan pribadi keagamaan individu atau siswa. Oleh karena itu, fiqih diajarkan pada setiap jenjang pendidikan Islam, mulai dari tingkat dasar sampai dengan tingkat tinggi. Hal ini bertujuan agar siswa dapat mempelajari syariat Islam secara lengkap dan benar serta untuk menciptakan kualitas ibadah yang lebih baik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah terdapat pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas III MSI 12 Pabean Kota Pekalongan? Seberapabesar pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas III MSI 12 Pabean Kota Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas III MSI 12 Pabean Kota Pekalongan dan mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas III MSI 12 Pabean Kota Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan terutama jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah tentang pengamalan ibadah siswa melalui tingkat pemahaman materi fiqih dan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi sekolah untuk meningkatkan pembelajaran fiqih guna meningkatkan pengamalan ibadah siswadan dapat memberikan motivasi kepada guru dalam meningkatkan kualitas mengajar. Jenispenelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang dilakukan adalah adanya pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa, dimana nilai thitung= 11,885 pada tingkat signifikansi 5 % nilai ttabel = 2,024 maka ttest = 11,885> ttabel 2,024 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa. Besar pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa adalah 79,9 % dan sisanya 20,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Fiqih, Pengamalan Ibadah Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:20
Last Modified: 24 Jun 2020 07:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item