Munir, Muhammad Misbahul (2024) Efektivitas metode amtsilati dalam merealisasikan kemampuan membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah Al Amin Dukuhturi Tegal. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan Islam, Kitab Kuning ialah salah satu sumber data terpenting dalam kajian Islam sebagai sekumpulan kitab yang berisi tentang agama Islam. Hal tersebut menjadi suatu permasalahan serius yang perlu ditangani dengan strategis. Maka dari itu perlu adanya metode cara membaca kitab kuning yang efektiv yang dapat memahamkan kepada siswa mengenai cara membaca dan memahami isi dari kitab kuning. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis efektivitas metode Amtsilati dalam merealisasikan kemampuan membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah Al Amin Dukuhturi Tegal. (2) Untuk menganalisis mengapa Madrasah Diniyah Al Amin Dukuhturi Tegal menerapkan metode Amtsilati untuk merealisasikan kemampuan membaca kitab kuning. (3) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas metode amtsilati dalam merealisasikan kemampuan membaca kitab kuning di Madrasah Diniyyah Al Iman Dukuhturi Tegal. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah fenomenologi dengan pendekatan kualitatif dan keabsahan data berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Hubermain dan Saldana yang memiliki beberapa tahap, yakni: Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Simpulan. Hasil pada penelitian menunjukkan metode ini memiliki sistematika yang jelas yaitu terkait konsep dasarnya, materi nya, model pembelajarannya, dan evaluasinya yang cukup terikat dan urut antara satu sama lain. 2) ditunjang dari hasil setelah menerapkan metode ini yaitu sangat meningkat yang mana hal tersebut sudah peneliti hitung menggunakan rumus N gain. Yang mana sebelum menerapkan metode ini hasil rata rata satu kelas yaitu 66,07 tapi setelah menggunakan metode ini meningkat rata-rata nya menjadi 84,38. 3) metode ini menggunakan sarana pra sarana pondok pesantren yang disediakan dengan sangat baik dan setiap pertemuan pembelajaran tidak lupa untuk selalu memanfaatkannya.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Metode Amtsilati, Kitab Kuning | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Oct 2024 10:55 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9672 |
Actions (login required)
View Item |