Nurmawaddah, Dian (2024) Efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan media video dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas ix smp tentang pergaulan bebas. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119299_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2119299_FULL TEXT b5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2119299_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (881kB) |
Abstract
Pentingnya bekal pengetahuan tentang bahaya pergaulan bebas harus disampaikan dengan baik. Untuk menyampaikan materi dengan baik maka perlu menggunakan media yang tepat dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran harus ada interaksi belajar antara guru dan pesertadidik, sehingga guru memberikan rangsangan kepada peserta didik melalui media yang tepat guna mencapai tingkat efektif dalam belajar. Adapun media terdiri dari media visual, audio, dan audio visual. Rumusan masalah adalah (1) bagaimana efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan media konvensional dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas IX SMP tentang pergaulan bebas; dan (2) bagaimana efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan media video dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas IX SMP tentang pergaulan bebas. Tujuan penelitiannya adalah (1) mengetahui efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan media konvensional dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas IX SMP tentang pergaulan bebas; dan (2) mengetahui efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan media video dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas IX SMP tentang pergaulan bebas. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dimana penelitian dilaksanakan pada kancah kehidupan yang sebenarnya. Metode yang digunakan dengan Metode Tes Uji berupa pembagian quisioner. Analisis data dengan menggunakan kuantitatif yang didapat dari hasil penelitian dengan angkaangka sebagai pembuktiannya. Penggunaan media video pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan pengetahuan peserta didik kelas IX SMP berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan independent simple t-test pada hasil post test kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai t hitung > t table yaitu 2,043 > 2,009 atau dapat dilihat dari nilai signifikansi 2-tailed hasil belajar post-test pada kelas eksperimen dan kelas control yaitu 0,046 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga disimpulkan media video lebih efektif dalam penyampaian pembelajaran dibanding media konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | PAI, Media Video dan Pengetahuan Peserta Didik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:00 | ||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9689 |
Actions (login required)
View Item |