Rosyad, Muhamad Aqil (2024) Pembelajaran kitab ta’lim muta’allim dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru di Mts S Simbangkulon I Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120233_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120233_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi moral di kalangan pelajar Indonesia yang sudah semakin mengalami degradasi, khususnya dalam konteks menghormati terhadap gurunya. Apabila seorang pelajar yang sudah bersungguh – sungguh dalam menuntut ilmu, tetapi banyak yang tidak memperoleh manfaat ilmu, penyebab nya dikarenakan tidak memperhatikan komponen syarat atau cara-cara ketika sedang belajar. Oleh karena itu, lembaga pendidikan harus memiliki strategi yang dapat diterapkan dengan mempelajari kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Az-Zarnuji. Sekolah MTS S Simbangkulon I menerapkan pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim di MTS S Simbangkulon I Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana strategi membentuk sikap ta’dzim Siswa terhadap Guru di MTS S Simbangkulon I Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru kitab Ta’lim Muta’allim, dan Siswa MTS S Simbangkulon I Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian ini Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru terlaksana atas tiga tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan dan tahap evaluasi. Bentuk sikap ta’dzim siswa yang dilakukan sesuai dalam kitab Ta’lim Muta’alim yaitu: a) Tidak berjalan tepat didepan seorang guru, b)Tidak duduk ditempat duduknya, c)Tidak memulai berbicara kesuali atas izinnya, d) Tidak banyak bicara didepan artinya tidak berbicara hal – hal yang tidak penting. Faktor penghambtanya dalam pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dalam pembentukan sikap ta’dzim ada dua meliputi: siswa dan guru serta metode pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Kitab Ta’lim Muta’allim, Sikap Ta’dzim | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:47 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 09:44 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9692 |
Actions (login required)
View Item |