Analisis Bias Gender Dalam Buku “Al-Lughah Al-Arabiyyah” Pelajaran Bahasa Arab Kelas Iv Karya Jauhar Ali

Aini, Laila Nurul (2024) Analisis Bias Gender Dalam Buku “Al-Lughah Al-Arabiyyah” Pelajaran Bahasa Arab Kelas Iv Karya Jauhar Ali. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220150_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220150_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2220150_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Buku pelajaran menjadi salah satu sarana untuk mensosialisasikan nilai-nilai sosial. Gender menjadi salah satu nilai-nilai yang disosialisasikan melalui pendidikan, salah satunya melalui buku pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Buku pelajaran yang digunakan di sekolah sudah seharusnya merupakan buku pelajaran yang materinya responsif gender. Sangat disayangkan ketika masih terdapat buku pelajaran yang mengandung bias gender di tengah banyaknya gerakkan sosial yang menyerukan kesetaraan gender, salah satunya terdapat dalam buku “Al-Lughah Al-Arabiyyah” pelajaran bahasa Arab kelas IV karya Jauhar Ali. Buku Al-Lughah Al-Arabiyyah adalah salah satu bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Buku tersebut merupakan buku pelajaran bahasa Arab yang di tulis oleh Jauhar Ali dan diterbitkan oleh Kemenag pada tahun 2020. Buku Al-Lughah Al-Arabiyyah pelajaran bahasa Arab untuk dipakai oleh peserta didik kelas IV tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Buku itu merupakan salah satu bahan ajar yang sangat penting dalam menunjang pembelajaran di kelas IV. Berdasarkan uraian di atas, penulis mengemukakan satu rumusan masalah yaitu: bagaimana bias gender yang terdapat dalam materi buku “Al-Lughah Al-Arabiyyah” pelajaran bahasa Arab kelas IV karya Jauhar Ali. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bias gender yang terdapat dalam buku “Al-Lughah Al-Arabiyyah” karya Jauhar Ali. Penelitian ini berguna untuk mengetahui ada atau tidaknya bias gender dalam buku tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis datanya menggunakan teknik analisis semiotic. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi dalam buku “Al-Lughah Al-Arabiyyah” karya Jauhar Ali masih mengandung bias gender yang dilihat dari tiga aspek: 1) peran kerja, 2) nilai sifat, dan 3) status sosial. Bias gender ini terdapat dalam dua tema yaitu bab dua (Profesi) dan bab 3 (Pekerjaan). Meskipun begitu buku ini juga dilengkapi dengan gambar ilustrasi yang responsif gender seperti gambar ilustrasi pada bab lima (Rumahku). Buku yang responsif gender akan mengubah persepsi masyarakat, karena pada dasarnya gender merupakan kontruksi yang diciptakan oleh manusia sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bias Gender, Buku Pelajaran, Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:06
Last Modified: 08 Oct 2024 09:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9719

Actions (login required)

View Item View Item