Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Literasi Sains Untuk Peserta Didik Kelas V MI Sullam Taufiq Kajen

Salamah, Nela (2024) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Literasi Sains Untuk Peserta Didik Kelas V MI Sullam Taufiq Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320133_Bab I dan Bab V.pdf

Download (833kB)
[img] Text
2320133_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Salah satu syarat kecakapan hidup pada abad ke-21 yang harus dikuasai oleh peserta didik pada tingkat dasar adalah literasi sains. Namun pada kenyataanya, kemampuan lietrasi sains peserta didik di Indonesia masih terbilang sangat rendah. Hal tersebut sejalan dengan hasil observasi peneliti pada kemampuan literasi sains peserta didik kelas V MI Sullam Taufiq Kajen yang masih perlu ditingkatkan lagi. Permasalahan tersebut berkaitan dengan ketersediaan ragam sumber belajar yang berkaitan dengan sains masih sangat minim. Belum ada buku yang mengemas materi sains dengan penokohan cerita yang diilustrasikan melalui berbagai fenomena dengan tampilan buku yang kaya akan gambar dan warna. Mengatasi kendala tersebut, maka dibutuhkan buku cerita bergambar berbasis literasi sains. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana prosedur pengembangan buku cerita bergambar berbasis literasi sains, validitas dan kepraktisan buku cerita bergambar berbasis lietrasi sains pada peserta didik kelas V MI Sullam Taufiq Kajen. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan buku cerita bergambar berbasis literasi sains, serta untuk mengetahui validitas dan kepraktisan buku cerita bergambar berbasis literasi sains untuk peserta didik kelas V MI Sullam Taufiq Kajen. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE atau Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif untuk menilai validitas dan kerpaktisan buku cerita bergambar yang telah dikembangkan. Prosedur pengembangan buku cerita bergambar berbasis literasi sains dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi) dapat mengahasilkan buku cerita bergambar berbasis literasi sains untuk kelas V Sekolah. Pada tahap analisis peneliti melakukan analisi kebutuhan, analisis perangkat pembelajaran dan analisis produk. Pada tahap desain peneliti membuat storyboard dan menyiapkan aplikasi yakni Ibis PaintX dan Canva untuk membuat produk. Pada tahap pengembangan peneliti membuat ilustrasi, menyiapkan elemen pelengkap, menyusun buku cerita bergambar dan melakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Pada tahap implemntasi peneliti melakukan uji coba produk kepada guru dan peserta didik kelas V MI Sullam Taufiq Kajen. Terakhir adalah tahap evaluasi, dimana tahap ini peneliti lakukan pada selesai tahapannya. Hasil produk pengembangan buku cerita bergambar berbasis literasi sains dinyatakan sangat valid oleh dua ahli materi dan dua ahli media dengan persentase sebesar 93,5% untuk aspek materi dan 81,5% untuk aspek media. Buku cerita bergambar berbasis literasi sains juga dinyatakan sangat praktis dengan persentase 89,3% oleh guru praktisi dan 88% oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusumawati, Putri Rahadian DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Cerita Bergambar, Literasi Sains
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:36
Last Modified: 28 Aug 2024 02:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9770

Actions (login required)

View Item View Item