Kamila, Lia (2024) Urgensi ilmu tajwid terhadap kualitas santri membaca Al-Qur’an Di Tpq Miftahul Ulum Dampyak Kandeman Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119257_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2119257_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Ilmu tajwid merupakan pengetahuan yang digunakan untuk memahami aturan dan teknik membaca huruf-huruf Al-Qur'an dengan benar sehingga dapat mencegah kesalahan dalam pengucapan Al-Qur'an, yang dapat mengubah makna yang terkandung di dalamnya. Membaca Al-Qur’an dianggap sebagai amalan yang mulia, oleh karena itu, penting untuk mempelajari ilmu tajwid dan makhraj agar dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar dan benar. Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) sangat penting dalam mencetak generasi muslim yang memiliki akhlak mulia, mampu membaca Al-Qur'an dengan baik, dan mematuhi perintah-perintah Allah. TPQ Miftahul Ulum Dampyak Kandeman Batang diharapkan menjadi lembaga yang efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca Al-Qur'an dan kegiatan keagamaan lainnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Menganalisis pembelajaran ilmu tajwid di TPQ Miftahul Ulum, Menganalisis upaya guru dalam mewujudkan kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Ulum, Menganalisis urgensi ilmu tajwid dalam mewujudkan kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Ulum Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles Huberman dan saldana yaitu: Data Condensation (Kondensasi Data), Data Display ( Penyajian Data), Drawing and Verfying Conclusions ( Menarik Simpulan atau Verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Ilmu Tajwid di Taman Pendidikan Al-Qur’an Miftahul Ulum dengan usaha yang telah dilakukan oleh pengajar di TPQ Miftahul Ulum dalam bentuk pembelajaran yang mampu membentuk para santri untuk menguasai ilmu tajwid dan mampu mengaplikasikan dalam membaca Al-Qur’an melalui proses pembiasaan yang telah dilakukannya. Upaya Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Miftahul Ulum yaitu dengan menyampaikan ilmu tajwid bertujuan agar para santri senantiasa mengingat dan menguasai ilmu tajwid sehingga santri akan memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam membaca Alqur’an dengan berkualitas. Urgensi Ilmu Tajwid Dalam Mewujudkan Kualitas Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Miftahul Ulum yaitu berpengaruh dengan kualitas bacaan santri dalam membaca Al-Qur’an menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran ilmu Tajwid, Membaca Al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:24 | ||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9779 |
Actions (login required)
View Item |