Ramadhanti, Balqis Sagita Jelang (2024) Implementasi program BTQ untuk menstimulasi kemampuan kognitif dalam mengenal huruf hijaiyah Pada anak usia dini di KB Aisyiyah Qurrota A’yun 03 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2418023_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2418023_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
Text
2418023_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan sejak dini merupakan tahap krusial dalam perkembangan anak, terutama dalam aspek kognitif. Di KB Aisyiyah Qurrota A'yun 03 Kota Pekalongan, terdapat tantangan signifikan dalam mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia dini. Data menunjukkan bahwa hanya sekitar 45% anak yang mampu mengenali huruf hijaiyah dengan baik setelah satu semester pembelajaran. Masalah ini menekankan pentingnya metode pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal huruf hijaiyah, yang juga menjadi dasar untuk pembelajaran Al-Qur'an di kemudian hari. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Implementasi Program BTQ Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Di KB Aisyiyah Qurrota A’yun 03 Kota Pekalongan? 2) Apa Faktor-faktor yang Memengaruhi Implementasi Program BTQ Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Di KB Aisyiyah Qurrota A’yun 03 Kota Pekalongan? Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisisnya meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi program Baca Tulis Qur'an (BTQ) di KB Aisyiyah Qurrota A’yun 03 Kota Pekalongan bertujuan untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal huruf hijaiyah melalui metode pengajaran yang interaktif dan menyenangkan. Program ini melibatkan berbagai aktivitas seperti permainan edukatif, lagu-lagu, dan cerita untuk membantu anak-anak mengenali dan mengingat huruf hijaiyah dengan lebih baik. Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan implementasi program BTQ meliputi kualitas tenaga pengajar, dukungan fasilitas dan media pembelajaran yang memadai, keterlibatan orang tua, serta lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi anak-anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Program BTQ, Kognitif, Huruf Hijaiyah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:13 | ||||||||
Last Modified: | 03 Oct 2024 08:47 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9781 |
Actions (login required)
View Item |