Implementasi Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Pekalongan.

Apriliasari, Dianita (2024) Implementasi Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620089_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2620089_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTs Negeri 1 Pekalongan diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis masih belum optimal. Beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami masalah yang terdapat pada soal-soal yang diberikan. Terlihat dari cara siswa ketika mengerjakan soal, yakni beberapa siswa langsung menjawab pertanyaan tanpa melakukan langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah matematis, seperti tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Search, Solve Create and Share (SSCS) terhadap kemampuan pemecahan massalah matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Pekalongan. (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Pekalongan. (3) untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi model pembelajaran Search, Solve Create and Share (SSCS) dengan berpikir kreatif matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan model eksperimen semu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan faktorial 3 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Pekalongan. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel tersebut berjumlah dua kelas dengan 56 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan tes berpikir kreatif matematis. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan signifikansi sebesar 0,000<0,05, 0,000<0,05, 0,471>0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran Search, Solve Create and Share (SSCS) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Pekalongan. (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Pekalongan. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Search, Solve Create and Share (SSCS) dengan berpikir kreatif matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Search, Solve Create and Share (SSCS), Berpikir Kreatif Matematis, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:53
Last Modified: 01 Oct 2024 06:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9795

Actions (login required)

View Item View Item