Gunawan, M. Azhar (2024) Pengaruh penerapan aplikasi Aksan Terhadap kinerja guru di MI Se-Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
50322005_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
50322005_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kecamatan kedungwuni memiliki MI swasta ada 21 dan MI negeri ada 1 sekolah. Jumlah guru yang ada dikecamatan kedungwuni ada 255 guru. Kinerja guru-guru MI salah satunya dalam menentukan nilai dengan menggunakan aplikasi aksan yang sudah diterapkan Se-Kecamatan Kedungwuni. Penerapan aplikasi AKSAN belum ada pelatihan/worshop sehingga menjadi pengaruh juga dalam kinerja seorang guru. Bentuk kinerja yang dimiliki seorang guru MI tidak hanya mengajarkan pembelajaran tetapi juga mengevaluasi suatu pembelajaran. Salah satu penilaian pada pembelajaran dengan materi belajar yaitu penilaian Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: 1). Bagaimana Penerapan Aplikasi Aksan di MI Sekecamatan Kedungwuni?, 2). Bagaimana Kinerja Guru Dalam Menerapkan Aplikasi AKSAN di MI Sekecamatan Kedungwuni?, 3). Bagaiamana pengaruh penerapan aplikasi aksan terhadap kinerja guru di Mi Se-Kecamatan Kedungwuni?. Tujuan penelitian adalah : 1). Untuk menelaah performa guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Kedungwuni. 2). Untuk menjelaskan sejauh mana penggunaan aplikasi aksan terhadap peningkatan kinerja guru di MI Sekecamatan Kedungwuni. 3). Untuk meneliti dampak penerapan aplikasi aksan terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se-Kecamatan Kedungwuni. Pendekatan Penelitian Kuantitatif Jenis penelitian korelasional. Populasi Penelitian 255 guru dan sampelnya 2 sampai 4 guru MI setiap MI Se-Kecamatan Kedungwuni. Teknik dan Alat Pengumpulan Data yaitu Metode Angket (Kuesioner), dan Dokumentasi. Uji Instrumen Penelitian meliputi Uji Validitas Instrumen, dan Uji Realibilitas Instrumen. Teknik Pengolahan Data yaitu Editing, Codeting, Tabulasi dan Mengolah data menggunakan SPSS Ver22. Teknik Analisis Data meliputi Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Uji Hipotesis. Penelitian ini menghasilkan temuan penelitian terdapat pengaruh yang signifikan dan bersifat positif dari Penerapan Aplikasi AKSAN di MI terhadap Kinerja Guru di Kecamatan Kedungwuni. Hal ini, dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi product moment yaitu 0.422 atau 42,2% artinya berada pada tingkat yang sedang
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Aksan, Kinerja Guru MI | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 07:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2024 03:41 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9799 |
Actions (login required)
View Item |