Rusiam, Khosyah (2024) Penerapan variasi metode pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar fikih siswa kelas 3 Di MI Darul Hikmah Desa Silurah Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320044_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2320044_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2320044_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Keterampilan menerapkan variasi metode dalam pembelajaran fikih di Madrasah Ibtidaiyah menjadi kebutuhan sekaligus tuntutan yang harus dikuasai guru, karena keberhasilan pembelajaran tidak hanaya dilihat dari siapa yang menyampaikan, namun juga dilihat dari bagaimana cara penyampaiannya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak adanya motivasi dan semangat belajar siswa sehingga guru fikih menerapkan variasi metode pembelajaran sebagai upaya dalam mengatasi hal tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penerapan Variasi Metode pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar Fikih siswa kelas 3 di MI Darul Hikmah Desa Silurah Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang dan bagaimana dampak dari penerapan Variasi Metode pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar Fikih siswa kelas 3 di MI Darul Hikmah Desa Silurah Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi lapangan dengan pendekatan kualitatif, untuk metode pengumpulan data yakni dengan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik anslisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan variasi metode dalam proses pembelajaran fikih kelas 3 di MI Darul Hikmah Desa Silurah Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang sudah berjalan dengan lancar, yakni dalam kegiatan tersebut meliputi kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Adapun metode yang digunakan guru dalam pembelajaran fikih yaitu: metode diskusi sambil bermain, dan metode tanya jawab, metode ceramah, metode bermain peran, metode demonstrasi dan metode VBL (Video Based Learning). Adapun dampak yang dihasilkan dari penerapan variasi metode dalam pembelajaran fikih ini memiliki dampak yang signifikan yakni: menjadikan pembelajaran di kelas lebih aktif, menumbuhkan semangat belajar siswa, meningkatkan pemahaman melalui hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Variasi Metode, Motivasi belajar. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 08:08 | ||||||||
Last Modified: | 28 Aug 2024 04:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9807 |
Actions (login required)
View Item |