Efektivitas model pembelajaran scaffolding dengan teknik peer tutoring terhadap pemecahan masalah matematis kelas VIII di SMP N I Tirto

Maula, Lia Hikmatul (2024) Efektivitas model pembelajaran scaffolding dengan teknik peer tutoring terhadap pemecahan masalah matematis kelas VIII di SMP N I Tirto. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620078_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (962kB)
[img] Text
2620078_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto masih tergolong rendah. Salah satu faktor penting dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah penggunaan model pembelajaran karena dapat merangsang kemampuan matematis dan keaktifan siswa. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Scaffolding dengan Teknik Peer-Tutoring. Model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang memadukan konsep pembelajaran secara berkelompok dan pembelajaran dengan teman sebaya siswa akan berkomunikasi dengan lebih baik yang dapat meningkatkan pemahaman, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi model pembelajaran Scaffolding dengan teknik peer-tutoring dan apakah model tersebut efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMP N 1 Tirto. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan mengenai model pembelajaran Scaffolding dengan Teknik Peer-Tutoring, menambah kepustakaan fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, serta utamanya untuk memberikan data yang dapat dijadikan masukan bagi SMP N 1 Tirto Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 64 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Scaffolding dengan teknik Peer-Tutoring dan kelas kontrol yang tidak diberi model tersebut. Teknik pengumpulan data berupa tes dan data penelitian tersebut dianalisis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran scaffolding dengan teknik peer tutoring dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII F SMP N 1 Tirrto dilakukan dengan enam tahapan pembelajaran dan model pembelajaran Scaffolding dengan teknik peer-tutoring efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Scaffolding, Peer-Tutoring, Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:34
Last Modified: 02 Oct 2024 03:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9808

Actions (login required)

View Item View Item