Implementasi model pembelajaran every one is a teacher here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih kelas viii di MTs Bahrul Ulum Pemalang

Janah, Putri Baitul (2024) Implementasi model pembelajaran every one is a teacher here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih kelas viii di MTs Bahrul Ulum Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120323_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120323_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah proses pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa merasa bosan, jenuh, dan kurangnya aktifitas dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena seorang guru ketika pembelajaran berlangsung hanya menggunakan model pembelajaran ceramah. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung masih belum maksimal dan berdampak pada hasil belajar siswa yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Every One Is A Teacher Here untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Bahrul Ulum Pemalang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas VIII B MTs Bahrul Ulum Pemalang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar dari masing-masing siklus sebagai berikut: Pada siklus I hasil belajar peserta didik mencapai 64,29 %, siklus II mengalami peningkatan yang sangat memuaskan mencapai 92,86 %.Sedangkan untuk keaktifan siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu: siklus I mencapai 14,29 % dan siklus II mencapai 85,72 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Every One Is A Teacher Here dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Bahrul Ulum Pemalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatwa, AlyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Every One Is A Teacher Here, Keaktifan Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:53
Last Modified: 04 Oct 2024 04:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9810

Actions (login required)

View Item View Item