Atika, Sinta Ilma (2024) Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kitab Al-Af’aal Al-Yaumiyyah di Pondok Pesantren ma’hadut Tholabah Babakan Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220135_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (531kB) |
|
Text
2220135_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran tambahan menggunakan Kitab Al-Af’aal Al-Yaumiyyah di Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah memberikan langkah inovatif dalam pendidikan bahasa Arab di pesantren salafiyah. Namun, terdapat tantangan dalam menyesuaikan diri santri dengan materi pembelajaran, terutama setelah terbiasa dengan kurikulum kitab kuning tradisional. Maka dari itu, penting untuk memastikan integrasi yang baik antara pembelajaran bahasa Arab sehari-hari dengan kurikulum akademik pesantren. Rumusan masalah yaitu Bagaimana Implementasi pembelajaran bahasa Arab melalui kitab Al-Af’aal Al-Yaumiyyah di Pondok Pesantren putri Ma’hadut Thola bah Babakan Tegal serta kelebihan dan kekurangan penggunaan kitab tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Bahasa Arab melalui kitab Al-Af’aal Al-Yaumiyyah, beserta kelebihan dan kekurangannya. Kegunaan penelitian diharapkan bisa memberikan pemahaman serta memberikan wawasan baru tentang penerapan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam konteks pendidikan di pondok pesantren. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data penulisannya menggunakan data primer yang didapatkan dari pondok pesantren Ma’hadut Tholabah, dan data sekunder seperti jurnal dan buku. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dikumentasi, serta analisis data deskriptif. Jenis analisis ini memberikan ikhtisar tentang aspek-aspek yang menjadi fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukakan bahwa implementasi pembelajaran kitab Al-Af’al Al-Yaumiyyah di Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah telah dilakukan secara sistematis melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Meskipun pembelajaran ini memiliki beberapa kelebihan seperti bahan ajar yang praktis, metode pengajaran yang efektif, dan peningkatan kemampuan santri dalam bahasa Arab, terdapat juga beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, seperti keterbatasan waktu, evaluasi yang kurang optimal, kekurangan tenaga pengajar, dan kelas yang terlalu besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Kitab Al-Af’aal Al-Yaumiyyah, Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 09:08 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:23 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9821 |
Actions (login required)
View Item |